Hallo teman-teman, kali ini kita akan belajar bagaimana cara penggunaan logical operator pada PHP. Logical operator biasa digunakan untuk memilah suatu kasus dengan kondisi tertentu. Pada logical operator yang sering dipakai adalah kondisi and dan or . Kondisi and ini akan bernilai benar jika kedua kondisi yang dibanding nilainya benar. Kalau kondisi or salah satu benar maka kondisi tersebut dianggap benar. Oke kita mulai prakteknya saja agar pemahamannya lebih mudah dicerna. Kalian bisa ikuti contoh code dibawah ini.

kondisi-and.php

Save lalu kalian bisa lihat pada browser kalian. Jika berhasil maka akan muncuk kata Berhasil. Pada contoh diatas terdapat kondisi jika x sama dengan seratus dan y sama dengan 50 maka akan dicetak kata berhasil. Jadi kedua kondisi tersebut harus benar. Jika salah satunya ada yang salah, maka dianggap salah.

Sekarang kita coba untuk kondisi or. Kurang lebih sama, kalian tinggal ganti kondisi pada and dengan or.

Save dan lihat hasilnya, jika benar maka muncul kata berhasil juga. Namun pada kondisi or ini tidak mesti benar dua-duanya. Cukup salah satu benar, maka dianggap benar. Seperti itu kira-kira penggunaan logical operator yang sering kalian jumpai di PHP.

Sekian pembahasan mengenai logical operator pada PHP. Semoga bermanfaat.