Pernyataan loop digunakan untuk mengeksekusi blok kode berulang kali. For adalah satu-satunya loop yang tersedia di Go. Go tidak memiliki while atau do while loop yang ada dalam bahasa lain seperti C.

syntax perulangan for  

Pernyataan inisialisasi hanya akan dieksekusi sekali. Setelah loop diinisialisasi, kondisi akan diperiksa. Jika kondisi bernilai true, isi loop di dalam {} akan dieksekusi diikuti oleh pernyataan postingan. Pernyataan postingan akan dieksekusi setelah setiap iterasi loop berhasil. Setelah pernyataan pos dieksekusi, kondisi akan diperiksa ulang. Jika benar, loop akan melanjutkan eksekusi, jika loop for berakhir. Ketiga komponen yaitu inisialisasi, kondisi dan pos adalah opsional di Go. Silahkan lihat contoh untuk memahami loop yang lebih baik.

Contoh

Mari kita menulis sebuah program yang digunakan untuk loop untuk mencetak semua angka dari 1 hingga 10.

Dalam program di atas, i diinisialisasi ke 1. Pernyataan bersyarat akan memeriksa jika i <= 10. Jika kondisinya benar, nilai i dicetak, jika tidak, loop diakhiri. Pernyataan posting bertambah 1  pada akhir setiap iterasi. Setelah i menjadi lebih besar dari 10, loop berakhir.

Program di atas akan mencetak 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Variabel yang dideklarasikan dalam  for hanya tersedia dalam lingkup loop. Karenanya i tidak dapat diakses di luar body untuk loop.

Keyword break

Pernyataan break digunakan untuk menghentikan for  tiba-tiba sebelum menyelesaikan eksekusi normal dan memindahkan kontrol ke baris kode tepat setelah for .

Mari kita menulis sebuah program yang mencetak angka dari 1 hingga 5 menggunakan break.

Dalam program di atas, nilai i diperiksa selama setiap iterasi. Jika i lebih besar dari 5 maka break dieksekusi dan loop dihentikan. Pernyataan cetak tepat setelah loop for kemudian dieksekusi. Program di atas akan menampilkan,

Keyword continue

Pernyataan melanjutkan digunakan untuk melewati iterasi saat ini dari  for. Semua kode yang ada di dalam for loop setelah pernyataan melanjutkan tidak akan dieksekusi untuk iterasi saat ini. Loop akan beralih ke iterasi berikutnya.

Mari kita menulis sebuah program untuk mencetak semua angka ganjil dari 1 hingga 10 menggunakan lanjut.

Dalam program di atas, baris jika i% 2 == 0 memeriksa apakah pengingat untuk membagi i dengan 2 adalah 0. Jika nol, maka angka tersebut genap dan melanjutkan pernyataan dieksekusi dan kontrol bergerak ke iterasi berikutnya dari lingkaran. Oleh karena itu pernyataan cetak setelah melanjutkan tidak akan dipanggil dan loop dilanjutkan ke iterasi berikutnya. Output dari program di atas adalah 1 3 5 7 9

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Looping dalam Bahasa Pemrograman Golang semoga bermanfaat.