Untuk plugin pada CodeIgniter seperti cart,calendar,dll. sudah tersedia , Secara default CodeIgniter telah menyediakan library yang dapat digunakan secara langsung. Adapun library yang telah tersedia antara lain:

1. Config 

Library ini berfungsi untuk mengambil data-data di dalam file konfigurasi. Library ini sudah di load secara otomatis oleh CodeIgniter.

2. Cart

Library ini berfungsi untuk membuat shopping cart (keranjang belanja). Library ini memiliki ketergantungan terhadap kelas session karena item-item chart tersebut disimpan di dalam session.

3. Benchmarking

Library ini digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap aplikasi yang dibuat. Seperti untuk mengetahui berapa lama waktu eksekusi dan berapa jumlah memori yang digunakan.
Library ini sudah digunakan dan diload secara otomatis oleh CodeIgniter.

4. Encryption 

Library Encryption digunakan untuk melakukan penyandian terhadap string tertentu

5. Email 

Library email digunakan untuk mengirimkan email. Pengiriman email tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan protokol mail, sendmail dan smtp.sqawd

6. Database

Library database digunakan untuk memanipulasi serta mendapatkan data dari sebuah sistem database. Secara default database yang sudah didukung oleh CodeIgniter adalah mysql, mssql, oracle, postgres. Sedangkan database yang tidak didukung secara langsung oleh CodeIgniter dapat dijembatani dengan driver odbc.

7. File Uploading

Library Uploading digunakan untuk meng-upload file. Kelas ini sudah dilengkapi dengan pengecekan jenis file, dan ukuran file.

8. User Agent

Library User Agent digunakan untuk mengidentifikasi browser, mobile device, atau robot yang mengunjungi website. Kita juga bisa menggunakannya untuk mendeteksi dukungan bahasa, sekumpulam karakter, dan referrer.

 

Dan masih banyak , saya akan jelaskan pada materi berikutnya 😀