Pada tutorial kali ini saya akan memberikan materi tentang MYSQL yaitu Melakukan Delete Dengan Join Pada MYSQL, kalau belum ada yang mengerti maksud dari judul artikel ini , saya akan jelaskan secara singkat jadi ide nya adalah kita akan melkukan delete row dari dua table yang berbeda dengan memanfaatkan join table , walapun bisa tanpa ini tetapi dengan join maka akan lebih fleksibel.

MYSQL mengijinkan kita untuk melakukan operasi tersbut dengan memanfaatkan INER JOIN dan menghapus row dari kedua table tersbut, sebagai contoh saya memiliki dua table dengan nama T1 dan T2 untuk melakukan delete anda harus menggunakan stetment berikut :

Dengn catatan table tersebut harus saling berrelasi karena kita menggunakan JOIN, dan jika kalian lihat pada contoh di atas stetment T1.key = T2.key adalah stetment untuk mencocokan antara kedua table tersebut.

Baiklah saya akan mencontohkan real query nya :

Buat tablenya dengan query ini :

Tujuannya dalah untuk menghasupus row tersebut dengan menggunakan stetment query seperti berikut :

Jika di jalankan maka row dengan id  = 1 akan terhapus di kedua table tersebut. Baiklah itu saja dari saya semoga bermanffat dan sampai bertmu pada artikel selanjutnya.