Pada dasarnya, cara kerja utama OOP adalah mengelompokan variabel dan fungsi yang sejenis ke dalam satu class. Yang dimaksud  dengan sejenis di sini adalah yang memiliki kedekatan satu sama lain. Misalnya pada sebuah website atau blog, terdapat 3 komponen : user, post, dan commment. Teman – teman dapat mengelompokan fungsi – fungsi dan variabel – variabel pada blog tersebut ke dalam 3 kelas : user{}, post{} dan comment{}.

Tiap – tiap kelas nantinya akan berisi variabel – variabel dan fungsi – fungsi yang berkaitan dengan object tersebut. Misalnya pada class User{}, maka akan terdapat Variabel: $username, $password, $lastLogin. selain itu, juga terdapat fungsi setusername(), ubahpassword() dan sebagainya. Pada class post{} terdapat variabel: $judul, $isipost, $tanggal dan lainnya . Selain itu, juga terdapat fungsi: simpanPost(), editPost(), hapusPost() dan sebagainya.

Demikian juga pada class comment{} didalamnya terdapat variabel – variabel fungsi – fungsi yang berkaitan dengan komentar. Sebelum object digunakan, object harus dirancang dulu dalam bentuk sebuah class. Boleh dibilang bahwa  sebuah class adalah cetak biru / rancangan / cetakan dari sebuah object. sehingga dari sebuah class nanti bisa diciptkan banyak object.

Misalnya untuk menangani aplikasi yang berkaitan dengan mobil, maka kita bisa membuat sebuah class bernama Mobil{}, seperti berikut:

sekarang kita akan membuat sebuah contoh class, buat latihan dengan nama_bebas.php dan lihat contoh dibawah ini:

Penjelasan script:

  •  Baris 3 Untuk membuat sebuah class, kita memakai keyword class, di ikuti nama class, dalam hal ini kita membikin mobil.
  • Nama class di awali huruf kapital.
  • jika nama class terdiri dari beberapa kata, maka kata kedua dan seterusnya juga ditulis bersambung dan di awali pula dengan huruf kapital. Misalnya : mobilJepang, mobilEropa.
  • Nama class di ikuti dengan tanda pembuka dan penutup kurung kurawal { }. Kode program untuk kelas akan ditulis diantara kedua tanda tersebut.

Oke cukup mudah bukan semoga bermanfaat bagi teman – teman semua.