Pada tutorial Memahami Fungsi Perulangan While Pada Bahasa Pemrograman Python kali ini kita akan membahas tentang perulangan While pada python, secara umum perulangan while akan menjalankan sebuah perintah atau statement selama kondisi tersebut terpenuhi atau kondisi tersebut bernilai TRUE.

Untuk struktur penulisan dari perulangan while pada python yaitu :

ket :

jadi pada saat argument tersebut terpenuhi (TRUE) maka statement tersebut akan terus di proses atau dilaksanakan, dan sebaliknya jika argumentnya tidak terpenuhi (FALSE) maka statement tersebut akan berhenti atau tidak dilaksanakan.

Biar teman-teman lebih paham tentang looping while, kita akan membuat sebuah contoh looping while seperti dibawah ini :

dan proses tersebut akan terus dilakukan atau di looping karena nilai angka yang kita masukan bernilai true, yaitu angka lebih kecil dari pada 3 jika YES, maka proses akan terus dilakukan, dan while tersebut akan terus melakukan looping sampai dengan prosesnya bernilai false.

Pada while yang harus kita ketahui yaitu kita harus terminate (mengakhiri) proses looping yang kita buat dengan cara menambahkan +1 pada proses looping, jadi pada saat proses tersebut sudah tidak terpenuhi barulah proses tersebut akan di akhiri. Untuk contohnya seperti dibawah ini :

Selanjutnya kita akan membuat perulangan while dengan menggunakan Boolean, seperti yang kita ketahui bahwa type data Boolean tersebut adalah bernilai true, atau false, untuk contoh loopnya seperti dibawah ini :

Selanjutnya kita akan membuat looping while dengan menambahkan fungsi dari else, break, dan continue seperti dibawah ini :

  1. Else : mengambil nilai di akhir proses looping

  1. Break: mengakhiri semua proses berikutnya, sesuai dengan kondisi yang ditentukan

  1. Continue : untuk mengulang perulangan

  1. Pass: tidak melakukan proses apapun

oke teman-teman itulah tutorial tentang Memahami Fungsi Perulangan While Pada Bahasa Pemrograman Python.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.