Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang Memahami Fungsi Strpos Pada PHP. Strpost() merupakan sebuah fungsi yang terdapat pada PHP yang berfungsi untuk mencari posisi sebuah karakter atau sebuah string didalam string lainya, dan output atau hasil dari fungsi strpost() ini yaitu akan menunjukan posisi sebuah karakter atau string yang ingin kita cari. Pada strpos() bersifat case sensitive maksudnya yaitu huruf besar atau kecil yang terdapat pada suatu kode program sangat lah berpengaruh pada hasil output yang ingin kita buat. Sebagai contoh jika di dalam sebuah program kita menggunakan strpost() jika kita menuliskan sebuah kata yaitu “php” dengan “PHP”, kata tersebut diangap berbeda sehingga karakter yang akan kita cari tidak dapat ditemukan.

Nah biar lebih paham lagi tentang Fungsi Strpos Pada PHP kita akan membuat sebuah contoh misalkan dalam sebuah kata “indonesia” kita ingin pencari posisi huruf “d” maka huruf “d” tersebut berada pada posisi ketiga, jika kita menggunakan fungsi dari strpost() kita dapat mengetahui posisi dari huruf “d” tersebut nah, jika kita jalankan fungsi strpostnya maka akan mendapatkan output yaitu 2 karena sting tersebut dimulai dari index ke noll.

Dibawah ini kita akan membuat sebuah kode program sederhana dan silahkan teman-teman perhatikan script yang terdapat dibawah ini.

Dari script diatas jika kita jalankan pada browser maka hasilnya yaitu 1 karena huruf “a”  nah disini yang perlu kita ketahui bahwa string dimulai dari index ke 0, sehingga huruf “a” berada pada angka 1. Selain menggunakan 1 karakter, kita juga bisa mencari sebuah kata atau string lain seperti contoh yang terdapat dibawah ini.

Pada script yang telah kita buat diatas kita menempatkan, string “word” didalam sebuah variable kemudian mencari posisi dengan fungsi strpos(), maka hasilnya dari kata word berada pada index ke “6”.

Nah berikutnya Fungsi Strpos Pada PHP juga bisa kita gunakan untuk “melompati” beberapa karakter awal, sebagai contohnya seperti dibawah ini.

Pada script diatas kita telah membuat sebuah kalimat “Hallo Word” pada kalimat tersebut terdapat dua huruf “o” nah pada huruf “o” yang pertama nilai indexnya yaitu 4 dan huruf “o” yang kedua nilai indexnya yaitu 6, namun karena kita menambahkan argument ketiga dengan nilai 6, maka pencarian akan mulai dilakukan pada index ke 6, maka hasil nya yaitu 7.

Oke teman-teman sekian dulu tutorial kita tantang Memahami Fungsi Strpos Pada PHP.

Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.