Inheritance (Pewarisan atau turunan) merupakan sebuah konsep dalam pemrograman yang paling penting, pada inheritance terdapat sebuah proses dimana sebuah class dapat mengakses semua property dan semua method yang terdapat dari class yang lainnya. Nah pada tutorial kali ini kita akan membahas salah satu bagian terpenting dari Object Oriented Programing (OOP) yaitu inheritance, untuk Memahami Konsep Inheritance Pada pemrograman Python kita akan membuat sebuah contoh sederhana seperti dibawah ini :Langkah pertama kita akan membuat sebuah class dan method seperti dibawah ini

pada script diatas jika kita jalankan maka akan terlihat hasilnya seperti dibawah ini :

Namun kita juga bisa menurunkan data dari class yang pertama kepada class yang kedua seperti dibawah ini :

ket :

Pada script diatas dapat kita lihat bahwa kita telah membuat sebuah class yang pertama dengan nama Mahasiswa dan class yang kedua adalah Dosen. Kita dapat mewariskan atau menurunkan semua komponen yang terdapat pada class Mahasiswa, jadi class Dosen merupakan class turunan dari class Mahasiswa. Dan jika kita jalankan maka hasilnya akan sama seperti sebelumnya.

Kemudian kita juga bisa merubah isi dari object cek_data_mahasiswa() yang terdapat pada class Mahasiswa pada class Dosen atau biasa disebut dengan override untuk contohnya seperti dibawah ini :

jika kita jalankan maka akan terlihat hasilnya seperti dibawah ini :

Pada hasil di atas dapat kita lihat bahwa hasil dari class dosen tidak terdapat nim.

Oke teman-teman  sekian dulu tutorial kita kali ini tentang Memahami Konsep Inheritance Pada pemrograman Python.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.