Pada tutorial kali ini anda akan belajar bagaimana cara memahami tentang konsep overriding dan overloading pada php oop.

Hai, kembali lagi di tutorial saya , karena blog ini adalah bertemakan web programming sesuai dengan nama domainya karena itu saya masih akan membahas tentang dunia web programming dan kali ini saya masih akan membahas tentang Object oriented Programming pada PHP.

 

Konsep ovveriding dan overloading sebenarnya adalah dua hal yang tidak bisa di pisahkan karena saat kita mengoverriding kita juga sekaligus mengoverloadaingnya. untuk memahami tentang konsep overriding dan overloading pada php oop kita harus tau dulu arti keduanya.

 

sebelumnya ketika kita mengextends sebuah class , pada class child pastinya kita menambahkan methodĀ  tambahan.

nah sekarang Overriding adalah pendefenisian ulangĀ  sebuah method yang berada di class child , Dalam pendefinisian ulang tersebut, kita pastinya juga akan menambahkan logic baru atau justru merubah logic pada method yang kita definisikan ulang tersebut. Penambahan logic atau merubah logic
tersebut itulah yang disebut dengan Overloading.

 

untuk lebih jelasnya kita akan coba mengimplementasikan overriding untuk mendefenisikan ulang sebuah method:

setelah di jalankan maka hasilnya akan seperti ini:

memahami tentang konsep overriding dan overloading pada php oop

untuk keyword parent::setjumlahroda($jumlahRoda) bukanlah milik class child melainkan milik parent class atau Bmw class.

 

oke untuk pembahasan tentang memahami tentang konsep overriding dan overloading pada php oop saya cukupkan sampai di sini tersebih dahulu , dan sampai bertemu pada artikel tutorial yang lain selanjutnya.