Di artikel hari ini saya akan kembali membahas tentang laravel framework yaitu membahas tentang Memahami Tentang Middleware Serta Penggunaanya Di Laravel, sebelum kita membuat serta menggunakan middleware di laravel kita harus tau dahulu apa itu middleware.

Middleware secara umum pada dunia Teknologi informasi middleware adalah sebuah perangkat lunak untuk “penengah” antara aplikasi satu dengan aplikai yang lainnya, namun di dalam konteks laravel middleware merupakan sebuah class yang di khususkan untuk menjadi “Penengah” antara request yang masuk dengan controller yang di tuju, jadi kalau di sederhanakan tugas dari middleware ini adalah  untuk memfilter request yang masuk sebelum menuju ke controller yang di tuju.

Ada beberapa middleware yang termasuk dalam  Laravel, termasuk middleware untuk otentikasi dan perlindungan CSRF. Semua middleware ini terletak di direktori app / Http / Middleware .

Pembuatan middleware kita sendiri
Untuk membuat middleware kita sendiri bisa menggunakan perintah artisan sebagai berikut ini :

Jika menjalankan perintah perintah di atas maka akan menghasilkan file middlewar baru sesuai dengan nama middleware yang anda berikan dan isinya kurang lebih seperti ini :

Lalu setelah membuat file middleware kita sendiri , apa yang bsia di isi di dalam mothod() handle ? kita bisa isi apapun tergantung kebutuhan anda , sedikit saya jelaskan soal $request dan $next pada parameter di atas.
$request berfungsi untuk menampung request yang masuk serta $next adalah clousure yang berfungsi jika sudah melakukan filter maka lalu akan kembali di teruskan ke controller yang di tuju .

Untuk controh penggunaanya bIsa di lihat di contoh berikut ini, dimana middleware ini berfungsi untuk memfilter agar yang masuk ke conntroler yang di tuju adalah hanya USER yang memiliki role admin, sementara jika bukan admin maka akan di redirect ke home.

Baiklah sementara sampai di sini saja dahulu tentang Memahami Tentang Middleware Serta Penggunaanya Di Laravel, saya akan melanjutkanya di artikel yang selanjutnya.