Pada artikel kali ini saya akan membahas kemabali tentang OOP yaitu Membuat Authentication Menggunakan Argon2i Di PHP OOP.

Authentication yang di maksud adalah membuat fitur login menggunakan PHP, nah di sini saya menggunakan algoritma terbaru dan yang paling aman yaitu Argon2i.

Baiklah langsung saja di mulai :

Siapkan formnya seperti ini :

jika kita klik submit akan mengarah ke file index.php?authentication , yang mana di file index.php jika parameter authentication aktif maka akan menjalankan method loginProcess() .

Sebelum membuat proses login kita harus memasukan data dumy awal terlbuh dahulu ke dalam table di database , agar kita bisa login .
Untuk memasukanya kita bisa masukan di PHPMYADMIN lalu lakukan insert.

Lalu bagaimana cara mendapatkan hasil enkripsi algoritnma argon2i nya ?

Untuk mengenerate hasil enkripsi untuk password menggunakan algoritma Argon2i nya bisa kalian jalankan perintah berikut ini :

Nah jika di jalankan akan menghasilkan enkripsi berupa string , nah hasil enkripsi tersebut barulah kita masukan ke dalam tabel di field password.

Selanjutnya kita buat proses loginya , silahkan simak dari contoh yang saya buat :

password_verify($password, $result[“password”])  Bagian inilah yang harus di verifikasi oleh PHP apakah data yang kita inputkan sama dengan hasil enkripsi yang kita masukan di table sebelumnya, jika sama maka akan membuat session dan melakukan redirect halaman. jika tidak makan akan kembali ke halaman login.

Baiklah itu saja untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat dan sampaui bertemu pada artikel selanjutnya.