Hallo sahabat dumenity berjumpa lagi dalam tutorial dumetschool, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Membuat dan Menggunakan Helper di CI. Hallo sahabat dumenity seperti yang kita tahu, bahwa codeigniter memiliki beberpa helper yang cukup berguna. Namun terkadang kita membutuhkan fungsi – fungsi lain yang tidak terdapat dalam native helper (helper asli) codeigniter. Misalnya untuk memformat tampilan tanggal dalam Bahasa Indonesia , seperti di bawah ini;

Tidak ada helper yang dapat kita pakai untuk memformat tanggal seperti di atas pada kondisi inilah, kita bisa membuat helper sendiri untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Untuk membuat helper sendiri langkah Рlangkah yang kita harus lakukan  adalah :

langkah 1;

Buat sebuah file bernama tanggal_helper.php, kemudian simpan di folder application/helpers. Folder application/helpers adalah lokasi untuk menyimpan costum helper ( helper buatan sendiri ). Sedangkan lokasi penyimpanan native helper di system /helpers. dengan demikian, antara native helper (helper asli) dan custom helper tidak bercampur. Jangan khawatir, meskipun lokasinya berbeda, tapi cara pemanggilannya sama. Codeigniter cukup pintar untuk mengetahui di mana lokasi file tersebut berada. Pada dasarnya codeigniter akan mencari file helper di system/helpers atau di application/helpers.

Berikut isi file tanggal_helper.php yang kita buat tadi:

Yang perlu diingat, Pemberian file helper harus diberikan akhiran _helper sebelum ekstensi .php, seperti tanggal_helper.php di atas. selanjutnya helper tersebut akan di panggil dengan perintah:

Bagian _helper tidak diikutkan pada pemanggilan helper.

Langkah 2:

Buat sebuah file controller bernama Demo.php, simpan di application/controllers. Isi dari controller Demo.php tersebut:

 

Oke kalau sudah silahkan teman Рteman save dan jalan pada browsernya. buka sesuai dengan alamat project teman Рteman. oke itulah tadi cara Membuat dan Menggunakan Helper di CI semoga bermanfaat,