Pada artikel ini saya akan kembali membahas tentang framewoek laravel yaitu membahas bagaimana cara Membuat Fitur Simple Search DI Laravel Menggunakan Query Builder.


Fitur search merupakan fitur yang sangat penting di dalam sebuah website khususnya apabila website kita merupakan website yang menampilkan banyak data misal ecomerce, blog dan lainaya, maka dari itu fitur search haMrus ada dan menjadi fitur wajib .

Membuat fitur simple search di php mau di framewok ataupun di native mempunyai kemiripan walaupun tetap ada bedanya, baiklah saya akan mengajarkan caranya Membuat Fitur Simple Search DI Laravel Menggunakan Query Builder.

Controller :

 

Sedikit pejelasan tentang kode controller di atas, code tersebut saya ambil dari aplikasi yang sedang saya buat jadi jika silahkan pahami lalu sesuaikan dengan project anda sendiri.

Mirip dengan native di sini saya mencari data yang mirip menggunakan kyword “LIKE” pada query , lalu saya juga menambahkan pagination pada query tersebut untuk paginasi di view nya.

Setelah controoler jangan lupa mengatur routesnya denagn benar , dan jangan lupa tambahkan kode di bawah ini pada halaman view untuk menampilkan pagination nya.

Baiklah itu saja untuk artikel kali ini tentang bagaimana cara Membuat Fitur Simple Search DI Laravel Menggunakan Query Builder.
Sampai bertemu pada artikel yang selanjutnya.