Pada bahasa pemrograman PHP terdapat banyak sekali fungsi-fungsi yang dapat kita gunakan untuk membantuk mengolah data dengan baik. Seperti misalnya kita mengganti kata lama dengan kata baru. Hal itu bisa kita lakukan dengan bantuan fungsi dari PHP. Salah satu fungsi yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah fungsi format angka. Kita akan mencoba membuat format angka dengan PHP. Apa yang dimaksud dengan format angka ?

Format angka yang dimaksud adalah jika kalian mempunyai angka dalam pecahan ribuan, maka secara otomatis php akan menambahkan titik pada angkanya. Misal kita punya angka 89045. Dengan bantuan php angka tersebut akan berubah menjadi 89.045. Secara otomatis sehingga kalian tidak perlu khawatir untuk merubahnya sendiri secara manual, karena akan memakan waktu jika data yang harus dirubah banyak.

Untuk melakukan itu semua kita harus menggunakan fungsi number_format(). Number_format ini akan otomatis membaca angka sehingga hasilnya seperti angka pada contoh diatas. Cara penulisanya kalian bisa ikuti contoh code dibawah ini.

angka.php

Setelah sudah kalian simpan filenya kedalam folder htdocs kalian dengan format php. Untuk melihat hasilnya kalian harus buka lewat browser kesayangan kalian dan jangan lupa untuk mengetikan localhost/nama_folder/nama_filenya. Jika berhasil maka tampilanya akan seperti ini.

Hasil sepert diatas adalah hasil kelola dari fungsi number_format. Cara penulisanya yang pertama adalah langsung menuliskan angka didalam number_format seperti ini

Maka secara otomatis, angka tersebut akan dirubah menjadi 1,000,000. Namun penanda bilanganya bukan menggunakan titik, melainkan koma. Jika kalian ingin menggunakan titik sebagai penandanya maka penulisanya seperti ini.

Maka hasilnya akan seperti ini. 1.000.000

Dan jika kalian ingin format angkanya memiliki dua angka desimal dibelakang angka, penulisanya harus seperti ini.

Hasilnya muncul akan seperti ini. 1,000,000,00

Seperti itu kira-kira pengaplikasianya dalam menggunakan fungsi number_format pada PHP. Kalian bisa modifikasi sesuai kebutuhan website kalian.

Sekian pembahasan mengenai membuat format angka dengan PHP. Semoga bermanfaat.