php-logoHallo teman-teman, apa kabar ? Semoga baik-baik saja yah, amin.

Pada artikel kali ini, saya akan berbagi ilmu mengenai cara membuat koneksi ke database mysql, nah untuk teman-teman yang belum tau cara membuatnya langsung saja kita praktikan.

 Seperti biasa, teman-teman buka text editornya masing-masing, setelah itu buat file PHP, kemudian ketikan script koneksi database berikut:

php

Penjelasan script
1. Penambahan kata or die(“”), ketika data pengisian nama server, password, dan pengguna database salah, script akan langsung mengeksekusi, dan menampilkan pesan tidak ada koneksi, biasanya kesalahan ini terjadi
ketika kita ingin website kita terkoneksi ke internet, sebaiknya lakukan pemeriksaan data – data yang ada di control panel tepat kita hosting
2. Penambahan kata or die pada  mysql_select db jika web kita blum memiliki database, maka akan di tampilkan database tidak ditemukan.

Script koneksi bisa di buat pada halaman tersendiri, bisa juga dibuat pada tiap -tiap halam website kita, tapi kebanyakan script koneksi php ini di buat tersendiri, agar ketika terjadi prubahan script koneksi database kita tidak perlu merubah tiap halaman yang ada script koneksi nya.

Baiklah teman-teman, cukup sampai disini pertemuan kali ini, semoga bisa bermanfaat, amin.

Sampai ketemu dilain kesempatan 🙂