Website yang bagus adalah website yang dapat memenuhi kebutuhan pengunjung. Bisa dari segi konten website maupun dari fitur-fitur yang disediakan oleh website itu sendiri. Jika website kalian termasuk website yang alur pergerakanya cepat, maka sebaiknya website kalian memiliki fitur pencarian. Selain dapat membantu pengunjung mencari sesuatu juga dapat menghemat waktu agar pengunjung tidak merasa pusing apa yang sedang ia cari.

Bicara tentang fitur pencarian, pada artikel kali ini kita akan mencoba membuat menu search tanggal dengan PHP dan Mysql. Fitur pencarian berdasarkan tanggal ini adalah salah satu contoh pengaplikasian dari fitur pencarian. Kalian bisa modifikasi dengan pencarian berdasarkan apa saja sesuai dengan kebutuhan. Untuk membuat menu pencarian ini kalian bisa ikuti beberapa langkah sebagai berikut.

Pertama kalian buat terlebih dahulu contoh data sederhana, karena jika tidak ada datanya kita tidak tahu apa yang akan kita cari. Kalian bisa ikuti struktur mysql berikut ini, atau buat sendiri sesuai kebutuhan.

1

2

Setelah sudah jangan lupa untuk memberikan nama tablenya sesuai keinginan kalian dan harus dicocokan dengan code PHPnya ya.

Langkah berikutnya kalian salin code php dibawah ini.

config.php

cari.php

Setelah sudah disimpan dalam folder htdocs kalian ,dan lihat hasilnya pada browser dengan mengetikan localhost/nama_folder/nama-file.

Jika berhasil maka akan seperti ini.

3

Cari berdasarkan tanggal. Untuk tanggal ini menggunakan plugin jquery ui datepicker. Tutorialnya kalian bisa baca pada artikel ini.

4

Maka hasilnya akan muncul berdasarkan tanggal yang dipilih

5

Mudah bukan ?

Sekian pembahasan mengenai membuat menu search tanggal dengan PHP dan Mysql. Semoga bermanfaat.