Hai teman-teman, artikel kali ini saya akan membahas tentang Membuat Perhitungan Otomatis Dari Field Lain Menggunakan Javascript. Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan tentu membuat terlebih dahulu stuktur htmlnya. Teman-teman bisa menggunakan form input atau select saat mengisi fieldnya, bebas mau pakai yang mana saja yang pasti sesuaikan dengan kebutuhan teman-teman. Teman-teman bisa lihat contoh struktur html yang saya buat seperti script dibawah ini.

Setelah struktur htmlnya sudah jadi teman-teman jangan lupa memberikan nama dari setiap form inputnya, namanya bebas tidak harus sama dengan yang saya buat. Lalu Kemudian teman-teman tambahkan onFocus untuk memulai menghitung kertika form menerima focus masukan danĀ  dan onBlur untuk berhenti menghitung ketika form kehilangan focus masukan.

Oke teman-teman, langkah terakhir sekarang kita buat javascriptnya untuk melengkapi artikel Membuat Perhitungan Otomatis Dari Field Lain Menggunakan Javascript. Buat javascript di bawah form ya teman-teman, scriptnya sebagai berikut.

Nah teman-teman perhatikan script di atas, dimana form input total gaji yang ada di form gaji nilainya didapat dari empat value yaitu value hari kerja dikalikan value gaji harian ditambah value lembur dan dikurangi value potongan. Jika teman-teman ada tambahan value lagi bisa ditambakan di bawahnya dan operasi perhitungannya pun ditambah dengan memilih operatornya sesuai kebutuhan. Demikiaan tutorial tentang Membuat Perhitungan Otomatis Dari Field Lain Menggunakan Javascript. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya teman-teman.