Pada artikel kali ini saya akan kembali membahas tentang laravel dimana saat ini materi yang akan kita bahas adalah Membuat Prevent Back Button After Logout Di Laravel.

Sebelum kita membuatnya pasti bingung maksud dari judul tersebut apa ? jadi gini teman-teman jika kalian menggunakan laravel dimanaa da sebuah issu dimana saat teman-teman melakukan logut dari suatu halaman website lalu saat teman-teman klik back button page maka kita msaih dapat masuk dan melihat halaman sebelumnya walaupun keadaaanya sudah terlogut.

Kalau halaman tersebut adalah halaman biasa saja mungkin tak akan masalah karena toh keadaanya sudah terlogout, nah yang jadi masalah jika halaman sebelum di logut adalah halaman yang sangat rahasia dan terdapat informasi pengguna lalau pengguna selanjutnya dengan sengaja mengklik halman back maka halaman yang rahasia tersebut bis terlihat dan otomatis informasi yang ada di dalamnya juga dapat terlihat.

Llau bagaimana cara menanggulanginya ? di sini kita akan memanfaatkan middleware pada laravel, dimana middleware ini yanng akan memfilter dan melakukan revalidate atau validasi ulang sehingga setelah logout maka tidak dapat kembali ke halaman sebelumnya.

Baik langsung saj akita mulai :

1. Buat middlewarenya dengan perintah berikut :

Lalu pada middleware tersebut replace isiniya dengan ini :

Pada file kernel.php tambahkan iniĀ  :

Setelah ini, tahap terakhir yaitu kita panggil pada bagian routenya seperti ini :

Sekarang jika kalain logout maka ketika kalian back page pada browsernya tidak akan kembali.

Baiklah itu saj adaari saya tentang Membuat Prevent Back Button After Logout Di Laravel, semoga bermanfaat dan sampai bertemu pada artikel selanjutnya.