Hallo teman-teman dumet school setelah sebelumya kita telah membahas tentang eloquent dan query builder pada laravel kini saya akan kembali membahas tentang laravel yaitu bagaimana cara membuat seeder pada laravel.

Apa itu seeder ? bukan benih tanaman ya, hehe seeder merupakan data dumy yang kita buat untuk pengembangan suatu aplikasi berbasis web yang nantinya data dumy itu di gunakan untuk keperluan testing dari aplikasi tersebut , sehingga kita tak perlu loagi rpot-repot untuk menginputkan data manual satu persatu melalui phpmyadmin atau manajamen database yang lainya. Enak kan ?

Buka terminal lalu ketikan perintah berikut :

Kalau berhasil akan seperti ini :

M:\xampp\htdocs\bayu\laravel54\portfolio> php artisan make:seeder ContactTableSeeder
Seeder created successfully.

silakan buka file tersebut dan kita akan mulai membuat data yang akan kita inputkan ke database. , secara default Laravel sudah ada library PHP yaitu Faker. Faker adalah library PHP yang dapat digunakan untuk membuat data dummy. Nah sekarang tugas kita adalah mengisi ContactTableSeeder.php tadi dengan data dumy dengan cara seperti ini :

setelah itu buka file DatabaseSeeder.php dan isikan seperti ini :

setelah semuanya di tulis lanjutkan dengan perintah untuk memasukan data ke dalam table contact :

Maka hailnya akan seperti ini :

PERHATIAN !!!
Jika anda mengkiti saja tutorial ini tanpa di sesuaikan project anda pasti anda akan mengalami error, sebaiknya sesuaikan dengan project anda karena saya disini menggunakan table yang bernama contact dan jika table yang mau anda seed bukan kontak maka rubah code nya sesuai kebutuhan anda. 🙂