Pada materi kali ini saya akan membahas tentang framework PHP yaitu Membuat SESSION FLASH DATA Pada Laravel, teman-teman pasti sudah tau session yang sering kita gunakan pada program kita dimana session berguna untuk sebagai variable penyimpanan yang bersifat sementara yang dapat di akses di halaman manapun pada program.

Nah kali ini saya akan membahas session flash data, lalu apa bedanya antara session biasa yang kita pakai dengan session flash data ? intinya session flash data adalah sebuah session yang sifatnya sementara dan bisa di akases di halaman tertentu yang kita definisikan. Contoh penggunaanya lebih untk mengecek setatus setelah proses selesai di laksananakan.

Baiklah saya langsung ke contoh penggunaanya saja :

Ini kita taruh pada controller kita

Untuk melakuklan pengecekanya di view dengan cara seperti ini :

Jadi penjelasan code di atas adalah kita telah membuat session flash data dengan nama Session::flash(‘message’, ‘My message’); lali pada bagian views saya melakukan pengecekan apakah ada session flash data bernama “message” , jika ada maka saya akan menampilkan class alert dengan mengambil nilai dari session flash data yang telah di buat.