Pada tutorial kali ini anda akan belajar membuat urutan auto increment menjadi 1 kembali setelah di delete , sebelum kita membuatnya bagi yang belum tahu apa itu auto increment pada mysql simak penjelasanya sebagai berikut :

Auto increment field pada MySQL adalah suatu tipe field integer yang secara otomatis akan bertambah nilainya jika terjadi penambahan row pada table dimana field tersebut berada.

Otomatis disini artinya pada saat kita memasukkan data baik melalui stement INSERT maupun melalui mekanisme data access lainnya, field tersebut tidak perlu dimasukkan nilainya atau cukup diberi nilai NULL, maka MySQL akan menentukan sendiri nilai apa yang akan diberikan sebagai akibat penambahan baris data tersebut.

Kenapa kita harus mengurutkan kembali urutan auto increment ? karena saat kita delete semua row misal :

Row 1

Row2

Row3

urutan di atas masih normal karena tidak ada data yang di hapus atau di drop,  lalu kalau kita hapus semua row  dan kita insert lagi data baru maka urutanya jadi seperti ini :

Row4

auto oncrement di atas akan menambahkan sesuai row yang terakhir dn menjadi tidak urut, lalu baimana cara mengurutkanya ?

setelah kiata jalankan query di atas maka urutan auto increment menjadi 1 kembali.

 

baiklah teman-teman, itu saja dari saya tentang membuat urutan auto increment menjadi 1 kembali setelah di delete, sampai bertemu pada artikel selanjutnya.