Website pada umumnya akan ada kolom untuk pengisian form, biasanya digunakan untuk mendata pengunjung website kita agar kita bisa memantau seperti apa orang yang sering mengakses. Selain untuk memantau, bisa juga sebagai ajang promosi untuk kemudian hari, sehingga pengunjung website kita bisa mendapatkan informasi terbaru. Pada kolom form biasanya berisikan informasi data pribadi seperti nama, alamat, no telpon, dan juga foto jika diperlukan.

Sesuai dengan pembahasan kali ini kita akan mencoba membuat script untuk memfilter format gambar dengan PHP. Sehingga nantinya kita bisa membatasi tipe gambar dalam format apa agar seragam dan tidak perlu mengedit ulang lagi. Seperti halnya kita menginginkan jika pengunjung ingin mengupload gambar harus berformat PNG. Selain format itu website kita akan memberikan notifikasi pesan eror agar pengunjung mengulangi proses upload dengan format yang sudah ditentukan.

Lalu bagaimana cara membuat script untuk memilah file tersebut ?

Kalian bisa ikuti contoh code seperti dibawah ini. Pertama kalian buat terlebih dahulu file php seperti ini.

gambar.php

Jika sudah kalian simpan filenya dengan format php. Simpan file tersebut kedalam folder htdocs kalian. Jika sudah kalian bisa melihat hasilnya dengan mengetikan localhost/nama-folder/nama-file pada kolom address bar browser kalian. Jangan lupa juga harus sudah mengaktifkan xampp kalian ya.

Hasilnya akan tampak seperti ini.

Pada contoh kali ini format gambar yang diperbolehkan untuk diupload adalah format PNG. Jadi jika kalian mencoba mengupload gambar dengan format lain, maka akan muncul pesan eror seperti pada gambar diatas. Kalian bisa gunakan script ini untuk dikembangkan lagi dengan tambahan input kedatabase jika upload gambar telah berhasil.

Mudah bukan ?

Sekian pembahasan mengenai cara memfilter format gambar dengan PHP. Semoga bermanfaat.