Pada artikel hari ini kembali saya akan membahas tentang framework yaitu laravel dimana untuk sekarang kita akan membahas sebuah cara di dalam pengembangan projek menggunakan laravel yaitu Menambahkan Klom Baru Di Table Menggunakan Migration.

Jika kalian menggunakan laravel sebagai framework php kalian, pasti akan bertemu sebuah fitur yang sangat keren sekali yaitu migration, sedikit saya jelaskan kembali tentang migration yg mungkin pembaca saya yang baru mau belajar laravel.

APa itu migartion ? migration adalah sebuah fitur yang tersedia di laravel yang sangat amat berfungsi untuk membuat manipulasi table pada database seperti create, drop update tanpa menggunakan softwere database seperti phpmyadmin jadi developer akan di permudah dalam melakukan operasi database karena semua ada di dalam kodingan kita.

Untuk melakukan perintah-perintah membuat migration atau membuat table dengan menggunakan migration kita membutuhkan terminal atau CMD pada windows.

Nah kembali ke topi utamanya yaitu bagaimana cara Menambahkan Klom Baru Di Table Menggunakan Migration ?

caranya seperti ini :

1. Buat migrationya dengan cara ketik perintah seperti ini di terminal/cmd :

2. DI sini saya akan mencontohkan, buka file migration yang baru saja di buat dan anda bisa mencontoh code saya seperti di bawah ini :

Saya jelaskan, di sini saya mengmbil contoh dari program yang sedang saya buat dimana fungsi dari baris kode di atas adalah menambahkan beberapa kolom baru di dalam sebuah table yang sudah jadi.

Sekarang kita bisa lihat di table nya hasilnya maka akan tersemat beberapa kolom baru yaitu :

Menambahkan Klom Baru Di Table Menggunakan Migration