Pada tutorial kali ini anda akan belajar bagaimana cara menampilkan data secara realtime dari database dengan menggunakan jquery.

Setelah sebelumnya saya telah membahas tentang bagaimana membuat nomor daftar otomatis dengan menggunakan php, untuk artikel kali ini saya akan membuat tutorial yang mudah-mudahan berguna bagi kalian yaitu menampilkan data secara realtime dari databse.

Saat membuat sistem informasi apalagi tentang pendaftaran  biasanya di satu form pendaftaran tersebut terdapat form input type=”text” untuk menampilkan nomor pendaftaran ,  karena format nomor pendaftaran atau nomor registrasi biasanya memiliki format misal B001 atau kwt-001 dan macam-macam tergantung maksud dari format itu apa.

Dan sepemahaman saya kalau primary key dengan format seperti itu tidak dapat di auto increment dari databasenya langsung,  kita harus membuat perintah agar dapat bertambah secara otomatis,  misal kalau kalian baca artikel saya sebelumnya saya telah membuat artikel tentang membuat nomor pendaftaran secara otomastis.

nah masalahnya setelah saya coba inputkan dengan dua user secara bersamaan terjadi bentrok data karena saya tidak memakai autoincrement, jadi 2 user mendapatkan nomor pendaftaran yang sama yaitu B001 setelah dinput salah satunya selesai maka user ke dua tidak bisa melakukan pendaftaran karena nomor pendaftaranya sama dan user harus harus refresh halamn dulu untuk mendapatkan nomor pendaftaran yang baru.

 

dari masalah ini saya ingin membuat nomor pendaftaran tersebut menjadi realtime jadi jika ada dua user mendaftar di dua tempat yang berbeda mereka akan dapat nomor yang baru jika ada yang mendaftar terlebih dahulu.   PAHAM ?

baik kita buat sekarang :

struktur foldernya :

menampilkan data secara realtime dari database dengan menggunakan jquery

saya menggunakan database milik saya sendiri yang bernama adul ,silahkan kalian membuat databse sendiri dan lakukan penyesuaian di config dan di query.

 

index.php :

 

config.php nya :

tampil.php :

tampil.js :

 

hasil dari databsenya saya tampung di input text , untuk mencobanya karena ingin melihat realtime atau tidak harus buka di 2 browser yg berbeda agar terlihat jadi seperti ini :

 

 menampilkan data secara realtime dari database dengan menggunakan jquery

 

silahkan lakukan insert data dan lihat apakah data tampil tanpa harus di refresh. jika tampil berarti sudah berhasil.

*Note : Program ini tidak akan jalan kalau hanya di copy paste saja tanpa adanya penyesuaian dengan database masing-masing.

Oke sekian untuk artikel tentang menampilkan data secara realtime dari database dengan menggunakan jquery , sampai bertemu pada artikel selanjutnya.