Hallo sahabat Dumenity berjumpa lagi dalam tutorial kursuswebprogramming, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Menampilkan Gambar Thumbnail dari URL Video YouTube menggunakan PHP. Thumbnail digunakan untuk melihat satu atau sekelompok entitas media dalam satu jendela explorer. Dengan menampilkan thumbnail, kita dapat memiliki pintasan atau tampilan cepat untuk melihat lebih banyak data tanpa navigasi. Situs web menggunakan gambar mini untuk memamerkan konten dalam format galeri. Misalnya, situs web keranjang belanja online memamerkan galeri produk mereka dengan gambar mini. Situs web penyiaran berita menampilkan gambar mini video untuk melihat video dengan cepat.

Saya membuat URL gambar mini dari URL sumber video YouTube menggunakan PHP. URL video diberikan sebagai masukan yang diposkan melalui form HTML. Di PHP, id unik video diekstraksi dan digunakan untuk membentuk sumber gambar thumbnail. Jika Anda ingin menampilkan gambar mini di galeri untuk video YouTube favorit Anda, Anda dapat menggunakan contoh ini untuk mendapatkan URL sumber thumbnail.

Mendapatkan URL Video menggunakan Form HTML

Kode HTML ini digunakan untuk menampilkan form HTML dengan opsi input untuk memungkinkan pengguna memasukkan URL video YouTube. Setelah mengirimkan form, URL masukan diproses dalam file PHP untuk menampilkan thumbnail gambar.

Buat Thumbnail Sumber Dari Video menggunakan Kode PHP

Kode PHP ini membaca URL video yang diposting melalui form HTML. Ini mengekstrak id unik dari video menggunakan PHP meledak (). Kemudian ia membuat URL sumber gambar mini dengan menggunakan id unik dari video. URL sumber ini digunakan untuk menampilkan pratinjau video menggunakan gambar thumbnail.

Screenshot Gambar Thumbnail dari URL Video YouTube
Screenshot ini menunjukkan hasil gambar thumbnail yang dibuat dengan menggunakan URL YouTube yang diberikan.

Menampilkan Gambar Thumbnail dari URL Video YouTube menggunakan PHP

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Menampilkan Gambar Thumbnail dari URL Video YouTube menggunakan PHP, semoga bermanfaat.