Dalam pemrograman OOP ( Object Oriented Programming ) kita harus mengetahui dasar – dasar dari pemrograman tersebut, OPP itu sendiri adalah pemrograman yang berorientasi pada objek, sesuai dengan sebutannya OOP ( Object Oriented Programming ) ori-en-ta-si berarati peninjauan  untuk menentukan sikap atau arah yang tepat dan benar sedangkan ber-ori-en-ta-si berarti mempunyai kencederungan atau menitikberatkan atau terfokus. Jadi pada kesimpulannnya  OOP memisahkan antara property, method dan objek. Oke sekarang saya akan jelaskan juga apa itu fungsi, PHP memiliki ratusan fungsi yang siap pakai di dalamnya, jadi PHP adalah pemrograman yang sangat kaya akan fungsi. Fungsi adalah satu set pernyataan yang melakukan fungsi tertentu dan dapat juga mengembalikan nilai. fungsi dapat di panggil berkali – kali.

syntax umum  yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah fungsi adalah sebagai berikut ;

Baris pertama dalam syntax tersebut mengindikasikan bahwa:

  1. Definisi dimulai dengan kata function.
  2. kemudian diikuti dengan nama fungsi, yang harus dimulai  dengan huruf atau underscorte, diikuti oleh sejumlah huruf ,   angka, atau garis bawah.
  3. Tanda kurung harus ditambahkan.
  4. satu parameter atau lebih dapat ditambahkan, dipisahkan  dengan koma, dan bersifat opsional.Namun fungsi bersifat case-insensitive, sehingga semua string berikut dpat mengacu pada fungsi yang sma yaitu cetak: PRINT, print dan PrInt.

Tanda kurung kurawal buka memulai statement yang akan dieksekusi ketika Anda memanggil fungsi; kurung kurawal tutup nantinya harus ditambahkan diakhir fungsi. Statemen dalam fungsi dapat memililki satu atau lebih statemen return, yang memaksa fuingsi untuk menghentikan eksekusi dan kembali ke kode pemanggil. Jika ada nilai yang melekat pada statemen return, kode pemanggil dapat menggunakannya.

Sedangkan di bawah ini fungsi untuk Mengembalikan sebuah Nilai, berikut ini fungsi untuk mengkonversi nama lengkap seseorang menjadi huruf kecil dan kemudian membuat huruf pertama dari setiap nama menjadi kapital;

Output dari script di atas  adalah sebagai berikut :

William Henry Gates

oke semoga bermanfaat.