Hallo sahabat dumenity berjumpa lagi dalam tutorial dumetschool, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Mengapa Menggunakan Autoloading?. Untuk menggunakan resource pada Codeigniter kita harus  memanggilnya terlebih dahulu. Resource yang dimaksud  di sini misalnya Library, Model atau Helper . Cara pemanggilannya yaitu dengan perintah $this->load.

Selain dengan memanggil secara manual, codeigniter menyediakan cara untuk melakukan autoload. Autoload adalah pemanggilan semua resource secara otomatis ketika Codeigniter dijalankan. Ini sangat berguna untuk memanggil semua resource yang biasa digunakan pada suatu aplikasi. Jadi, teman – teman tidak harus memanggilnya lagi ketika akan menggunakannya.

Misalnya, suatu aplikasi pasti membutuhkan URL Helper untuk mempermudah membuat link, mendapatkan nilai site_url dan sebagainya. Demikian juga untuk pembuatan form, akan membutuhkan form helper. Maka kita bisa melakukan autoload untuk kedua helper tersebut. Begitu juga dengan library, hampir tidak ada aplikasi yang tidak memerlukan database. Maka kita juga bisa meng-autoload Library Database. Bisa juga ditambahkan Library Form Validation.

Tidak banyak helper  dan library yang bisa di-autoload, berikut ini beberapa resource yang bisa di-autoload:

  1. Library
  2. Helper
  3. Model
  4. Config files(file konfigurasi)
  5. Language files(file bahasa)

Berikut ini contoh melakukan Autoloading.

Pada dasarnya untuk melakukan autoloading kita mengatur setting pada file application/config/autoload.php, pada file itulah kita menyebutkan resource apa saja yang akan dipanggil secara autoload. Berikut ini contoh sting pada file autoload.php tersebut:

Library

untuk mengatur autoload library:

Teman – teman juga bisa memanggil beberapa library sekaligus.

Helper

Oke itulah tadi beberapa contoh cara seting autoload, semoga bermanfaat.