Halo teman-teman, kali ini kita akan belajar bagaimana cara menyembunyikan pesan eror pada PHP. Biasanya jika terjadi kesalahan saat membuat alur program pada PHP, dibrowser akan muncul pemberitahuan kesalahanya dan pada baris berapa letak kesalahan tersebut. Sehingga hal itu terlihat sangat mengganggu jika file kita sudah online di hosting. Memunculkan eror ke muka umum terlihat tidak profesional dan bahkan bisa berakibat fatal karena hal tersebut dapat memberikan celah untuk para hacker untuk membobol website kita. Maka dari itu kita akan mempelajari cara menyembunyikan pesan eror pada PHP. Ikuti contoh code dibawah ini.

Eror.php

Misal ada sebuah pengaturan koneksi database dengan php, disini saya mencoba memberikan username yang salah sehingga akan terjadi kesalahan. Maka hasil yang muncul dibrowser akan seperti ini.

1

Muncul pesan eror pada browser, terlihat sangat mengganggu. Maka dari itu teman-teman harus membuat suatu percabangan untuk memfilter jika terjadi kesalahan maka munculkan kata-kawa sebagai warning, dan juga teman-teman harus menambahkan error_reporting(0) pada baris paling awal. Fungsinya untuk menyembunyikan pesan eror agar tidak muncul dibrowser, kemudian percabangan If adalah sebagai pengganti notif eror, pada contoh kali ini percabangan if akan menampilkan connection failed jika terjadi kesalahan. Teman-teman bisa ikuti contoh code dibawah ini.

Maka hasilnya akan seperti ini.

2

Tidak akan muncul pesan eror baris keberapa seperti contoh yang pertama, sehingga terlihat lebih aman.

Lalu bagaimana developer dapat mengetahui letak erornya jika disembunyikan ?. Pada artikel berikutnya kita akan bahas hal itu.

Sekian pembahasan tentang menyembunyikan pesan eror pada PHP, semoga bermanfaat.