Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang OOP yaitu Mengenal Chaining Method Pada OOP, Chaining method adalah sebuah konsep di dalam paradigma object oriented programming untuk mengikat atau merantai beberapa method di dalam sebuah class, intinya adalah untuk mempersingkat pemanggilan beberapa method yang ada di class.

Metode ini juga sering di pakai di beberapa framework salah satunya Codeigniter, dimana codeigniter menerapkan konsep chaining ini pada library query builder mereka seperti contoh berikut :

Pasti yang menggunakan codeigniter tahu dan sangat familiar dengan hal ini.

Mari kita coba membuat method chaining sederhana dengan menggunakan PHP. Kita akan membuat sebuah kelas bernama “Nama” yang berfungsi memanipulasi string. Dalam kelas tersebut, terdapat tiga method yang fungsinya sudah tidak asing lagi di telinga kita.

  1. Bold, menebalkan kalimat
  2. underline, membuat kalimat menjad ibergaris bawah

Jika di jalankan maka baris kode di atas akan menghasilkan output seperti ini :

Perhatikan juga akhir dari setiap method, ada kode return $this;. Kode tersebut berfungsi mengembalikan object untuk kemudian dioperasikan lagi pada method selanjutnya. Dan terakhir method __toString() yang berfungsi untuk mengembalikan nilai final dan merubah ke dalam string secara langsung ketika mengakses object sehingga kita bisa mempersingkat proses pembuatan objectnya menjadi seperti ini :

Baiklah itu saja artikel tentang Mengenal Chaining Method Pada OOP, semoga bermanfaat dan sampai bertemu pada artikel selanjutnya.