Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia web design pasti sudah tidak asing dengan CodeIgniter, namun bagi yang masih pemula mungkin masih meraba-raba apa sebenarnya fungsi dari CodeIgniter. CodeIgniter merupakan sebuah aplikasi open source berupa framework PHP untuk membuat sebuah website atau situs berbasis PHP. Dengan adanya apilkasi web ini memudahkan para developer untuk membuat sebuah aplikasi situs tanpa harus memulai dari nol dan lebih cepat serta lebih mudah. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai framework PHP dan keuntungannya.

Dari pengertian di atas ada lagi istilah yang mungkin cukup sulit yaitu framework. Apa itu framework? Secara harafiah framework berarti kerangka kerja, dalam arti luas framework berarti kumpulan dari prosedur-prosedur dasar tertentu yang sudah disiapkan sehingga memudahkan para developer untuk mengembangkan sebuah situs tanpa harus membuat fungsi dan prosedur dari awal lagi. Keuntungan dari menggunakan framework adalah:

  1. Pembangunan sebuah situs web akan lebih cepat dan lebih mudah sehingga pekerjan developer semakin ringan

  2. Ketika harus dilakukan maintenance pun juga cukup mudah karena sudah ada framework-nya sehingga programmer tinggal mengikuti standard pola yang sudah tersedia

  3. Programmer tidak perlu membuat fasilitas dari awal karena pada umumnya sudah ada di dalam framefork. Fasilitas umum yang biasa terdapat pada framework adalah validasi, ORM, pagination, multiple database, scaffolding, pengaturan session, error handling, dan lain sebagainya

  4. Jika dibandingkan dengan CMS, framewordk CodeIgniter lebih bebas untuk dikembangkan.

CodeIgniter merupakan salah satu framework PHP yang memiliki banyak kelebihan dan diluncurkan pertama kali pada tahun 2006, tepatnya pada 28 Februari 2006. CodeIgniter dikembangkan oleh Rick Ellis (Ellis Lab) yang hingga saat ini masih terus dikembangan agar bisa lebih memudahkan pekerjaan developer atau programmer dalam mengembangkan situs-situs dengan aplikasi yang semakin stabil dan mudah digunakan. CodeIgniter ini menggunakan model MVC (Model, View, Controller) yang membuat pembangunan sebuat situs bisa lebih terstruktur dan lebih cepat karena bisa membuat tahap pengkodingan lebih singkat dan lebih sederhana.