Pada artikel kali ini saya akan kembali membahas tentang framework PHP yang sangat saya senangi ini 🙂 yaitu laravel, saya akan membahas tentang Mengenal Dan Contoh Raw Query DI Laravel  .

Di laravel ada tiga cara untuk berkomunikasi dengan database yaitu dengan cara query builder, ORM eloquent dan Raw query. Penggunaan raw query ini di sediakan oleh laravel jika kita memiliki logika aplikasi yang sangat rumit yang menuntut kita untuk membuat query kita sendiri , jika kalian tau atau pasti pernah pakai query di PHP native nah seperti itu lah raw query di laravel .

Raw Query

Untuk melakukan query ke database, kita bisa menggunakan class DB yang sudah tersedia. Sebagai contoh, menggunakan table post , kita bisa melakukan query sebagai berikut:

Yang perlu diperhatikan adalah, kita bisa melakukan binding parameter dengan menggunakan karakter ‘?’ dalam query, kemudian kita tambahkan parameter kedua berupa array yang berisi value yang ingin kita passing. Ingat, urutan substitusi yang dilakukan sesuai dengan urutan karakter ‘?’. Jadi, karakter ‘?’ pertama akan digantikan dengan elemen array pertama, dan seterusnya dan satu lagi jika menggunakan query raw anda harus memberikan proteksi secara manual agar tidak terserang sql injection karena untuk raw query tidak di berikan fitur sql injection.