Pada tutorial kali ini anda akan belajar dan Mengenal Salah Satu Fungsi Bawaan PHP Preg_replace(), sebelum kita membuat dan mencobanya kita harus tau dahulu apa fungsi dari preg_replace() ini di dalam dunia pemprograman PHP.

Sebenarnya preg_replace ini berfungsi sebagai untuk mengganti karakter yang tidak di inginkan, hanya seperti itu fungsinya tetapi sebelum kita menggunakan fungsi preg_replace kita harus tau dulu dasar-dasar dari regex . baik lah saya anggap kalian sudah bisa atau tahu tentang dasar-dasar regex, kalau gitu kita langsung coba mengimplementasikanya.

misal saya memiliki karakter sebagai berikut :

”1.909.543,21″
nah lalu saya ingin menghilangkan “.” dan “,” titik dan koma dari karakter tersebut, jadi saya akan menggunakan preg_replace sebagai berikut :

dari beberapa baris program di atas maka akan memiliki hasil seperti ini : 190954321, titik dan koma akan hilang karena tidak di ijinkan,

sebenarnya ada banyak kegunaan dari preg_replace ini tidak hanya menghilangkan titik atau koma tetapi juga bisa karakter-karakter khusus sseperti berikut :

<?php

$subject=”Ketik*123#”;

$action= preg_replace(“/[^a-zA-Z0-9]/”, “”, $subject);

echo $action; // hasilnya : Ketik123

?>

Baiklah itu saja dari saya tentang artikel Mengenal Salah Satu Fungsi Bawaan PHP Preg_replace(), semoga bermanfaat dan sampai bertemu pada artikel selanjutnya.