Pada tutorial kali ini kita akanĀ  menjelaskan tentang Mengenal Fungsi Break Pada PHP. Fungsi Break di dalam PHP digunakan untuk menghentikan proses yang dilakukan oleh perintah php, dan break juga berfungsi sebagai perintah kepada web server untuk menghentikan sebuah proses perulangan. Perintah Break pada php dapat digunakan untuk mengendalikan alur kerja dari sebuah proses, oke teman-teman biar lebih paham lagi tentang Fungsi Break Pada PHP kita akan membuat sebuah contoh program seperti dibawah ini.

Pada contoh program diatas kita membuat sebuah perulangan for dari 0 sampai dengan 20 jika kita menjalankan fungsi di atas tanpa menggunakan break seperti perintah for ($i=0; $i <20; $i++) maka akan memproses perulangan sebanyak 20 kali.

Namun pada pada script yang terdapat diatas kita menambahkan sebuah fungsi IF, yang menyatakan bahwa jika variable $a sama dengan 10, maka break. Maksudnya yaitu perintah break yang kita gunakan diatas akan menghentikan proses sampai dengan angka 9, dan proses tersebut dapat dijalankan karena perintah echo $a yang terdapat pada script diatas yang kita letakan setelah break, dan jika perintah echo $a kita tempatkan pada baris sebelum break maka akan tampil angka 10, karena perulangan tersebut masuk ke $a=10.

Nah untuk contoh berikutnya kita akan mencoba membuat fungsi break pada perulangan while, namun seperti yang kita ketahui bahwa fungsi dari break yaitu untuk menghentikan proses yang kita tentukan, nah berikut dibawah ini merupakan contoh yang ke dua, kita akan menggunakan fungsi break pada perulangan while.

Pada contoh script yang telah kita buat diatas kita memasukan sebuah sebuah perintah bahwa nilai yang akan kita cetak yaitu 1 sampai dengan 20, namun karena kita menggunakan fungsi break maka proses tersebut akan di hentikan sampai dengan angka 14, seperti yang bisa teman-teman lihat dibawah ini.

Mengenal Fungsi Break Pada PHP

Oke teman-teman sekian dulu tutorial kita kali ini tentang Mengenal Fungsi Break Pada PHP.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.