Pada tutorial kali ini kita akan membahas Mengenal Fungsi Strcmp Pada PHP. Strcmp (string comparation) merupakan salah satu fungsi yang terdapat pada php yang berfungsi untuk membandingkan dua buah string dan akan menghasilkan sebuah bilangan bulat (int), namun jika nilai yang dibandingkan sama maka akan menghasilkan sebuah nilai 0, namun jika nilai string1 dan string2 yang kita bandingkan memiliki perbedaan maka akan menghasilkan selain dari 0, dan bilangan tersebut bisa berupa 1,2,3 atau yang lainya selain dari 0 (nol). Dan strcmp ini juga merupakan sebagai alternative yang dapat kita gunakan untuk perbandingan antar kata secara case sensitive. Sebagai contoh nya yaitu strcmp ini bisa kita gunakan untuk pencocokan password atau email pada saat user akan melakukan login sistem. Cara penulisan trcmp yaitu strcmp(“data1”,”data2”); nah biar teman-teman lebih paham lagi tentang Fungsi Strcmp Pada PHP kita akan mencoba membuat sebuah contoh program seperti dibawah ini.

Pada script diatas terdapat sebuah strcmp jika data nya sama maka akan menghasilkan sebuah output 0 namun jika data yang kita masukan berbeda atau melebihi dari data yang sebelumnya maka data tersebut tidak akan tercetak 0, namun yang akan tercetak yaitu 1,2,3 atau yang lainya seperti script yang terdapat dibawah ini.

Biar teman-teman lebih paham tentang Fungsi Strcmp Pada PHP berikutnya kita akan mencoba membuat sebuah kasus jika password1 dan password2 sama maka akan menampilkan pesan sukses namun jika password1 dan password2 berbeda maka akan mendapatkan sebuah pesan gagal, nah berikut contoh scriptnya seperti dibawah ini.

Nah itulah pembahasan kita kali ini tentang Mengenal Fungsi Strcmp Pada PHP semoga dapat menambah ilmu pengetahuan, dan sekian dulu tutorial tentang Mengenal Fungsi Strcmp Pada PHP.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.