Ada banyak sekali fungsi yang sering kita temukan didalam PHP, salah satunya adalah fungsi substr(). Mungkin diantara kalian ada yang masih bingung apa fungsi substr() itu sendiri, kebetulan sekali pada artikel ini akan saya jelaskan dan Mengenal Fungsi Substr() pada PHP. Fungsi substr() pada PHP berguna untuk mengambil ataupun memperoleh sebagian nilai dari sebuah string pada PHP.

Fungsi ini biasanya dugunakan dalam program PHP khususnya program yang mengharuskan memanipulasi sebuah string. Contohnya ketika kita mempunyai sebuah string dengan bentuk tanggal 2017-05-14 kemudian kita ingin mengambil beberapa karakter dari tanggal tersebut misalkan kita ingin mengambil nilai tahun, yakni 2017 pada tanggal. Pada kasus seperti inilah kita gunakan fungsi substr().

Sebenarnya pada PHP penggunaan fungsi substr() ada 6 kombinasi cara penulisan, akan tetapi pada pebahasan kali ini akan saya jelaskan beberapa kombinasi. Salah satunya adalah bagaimana cara mengambil karakter diawal string. Berikut ini adalah contoh penggunaan nya.

Pada sintak diatas kita bisa tahu bahwa kita mengambil string $teks dimulai dari indeks ke 5 dan seperti yang kita ketahui bahwa indeks string pada PHP dimulai dari angka nol. Jadi pada sintak diatas bisa kita dapatkan nilai nya seperi ini.

Setelah tadi kita membahas cara mengambil karakter diawal string kita juga bisa cara mengambil karakter diakhir string, cara ini hampir mirip dengan cara mengambil karakter diawal string hanya saja kita akan menggunakan dan memberikan nilai negatif pada argumen substr(). Simak contoh penggunaan nya berikut ini.

Sintak diatas substr($teks, -10); artinya kita mengambil 10 karakter terakhir dari string $teks dengan hasil yang ditampilkan adalah .

Dengan kedua contoh penggunaan substr() diatas bisa kita simpulkan bahwa dengan substr() akan sangat praktis jika ingin mengambil sebuah nilai dari string pada PHP.

Baik cukup sekian tutorial mengenai Mengenal Fungsi Substr() pada PHP. semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba 🙂