Di tutorial kali ini saya akan membahas artikel tidak membahas laravel karena dua artikel saya yang sebelumnya sudah banyak membahas tentang laravel nah untuk saat ini saya akan membahas tentang Mengenal Istilah Unit Testing Pada Pengembangan Web Aplication.

Perkembangan IT sangat amat cepat perkebanganya , makin kesini banyak lahir metode-metode pengujian dan penulisan untuk seorang programmer yang mengembangakn suatu web aplikasi, dan unit testing adalah hal yang tak bisa lepas atau di abaikan begitu saja.

Secara garis besar, unit testing adalah praktek pengujian fungsi dan area-area tertentu — disebut dengan unit — dari kode yang Anda tulis apakah sudah sesuai dengan spesifikasi yang Anda syaratkan. Pengujian setiap unit dilakukan dengan menggunakan testing framework. Kode untuk pengujian dituliskan secara manual, tetapi dijalankan secara otomatis

sekarang ini di setiap bahasa pemprograman mempunyai framework unit testingnya masing-masing, jika anda pengguna javascript sebagai main language anda dapat mencoba Mocha, jika anda pengguna PHP sebagai main language anda dapat mencoba PHPUnit .

Seberapa pentingkah sebuah unit testing ?
JIka anda melakukan unit testing saat anda mengmbangkan sebuah proyrk perangkat lunak akan banyak sekali benefit yang akan anda dapatkan tiga salah satunya adalah :

1. Meminimalisir kesalahan pada saat program sudah berjalan (mode produksi)
2. Dari perspektif unit testing, Anda akan dipaksa untuk menulis kode yang testable yang secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan Anda untuk menulis kode dengan kualitas tinggi
3. Menjaga program yang Anda tulis dari kerusakan di masa depan. Saat program Anda semakin berkembang dengan fitur-fitur yang semakin banyak, maka unit testing akan selalu memberi tahu Anda jika ada nilai keluaran yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

Baiklah mulai dari sekrang pikirkanlah artikel ini untuk anda yang ingin menjadi programmer yang profesional