Pada tutorial  kali ini saya akan membahas tentang sebuah konsep yang ada di codeigniter yaitu Mengenal Konsep HMVC Pada Codeigniter , jika kalian pengguna framework PHP yang bernama codeigniter pasti kalian sudah tau bahwa codeigniter mngusung sebuah konsep atau pattern yang bernama MVC(Model, view ,controller), bagi yang belum tahu MVC adalah sebuah konsep dimana query database, logika program dan tampilan di pisah dalam folder masing-masing.

Nah untuk yang HMVC(Hirarki Model View Controller) adalah sebuah pengembangan tingkat lanjut dari MVC yang bersifat modular atau per modul-modul. Jadi kalau di mvc query,logika,dan tampilan di pisah maka di HMVC ini di pisah sesuai modul-modulnya sendiri, jadi setiap modul itu memiliki MVC(model view controller) nya sendiri.  berikut adalah struktur follder dari konsep HMVC :

Jika kita lihat pada gambar di atas, terlihat banyak sekali modul-modul dan di setiap modul memiliki MVC nya sendiri, yang jadi pertanyaaan, apa keuntunganya memkai HMVC di banding dengan MVC biasa ?

jelas untungnya pasti cukup banyak, salah satunya adalah yang jelas sistem akan dipisahkan berdasarkan modul per-modul, hal ini tentu akan memudahkan pengerjaan, perawaatan dan pembagian tugas dalam kerja tim karena controller, model, dan view tidak ngumpul jadi satu yang menyebabkan programmer sedikit binggung apalagi dalam kerja tim.

Untuk HMVC , engine codeigniter tidak mensiapkan untuk konsep HMVC karena itu kita harus buat sendiri dengan memanfaatkan extention modular yang bisa anda download di sini.

Oke sekian dari saya untuk Mengenal Konsep HMVC Pada Codeigniter, untuk artiekl selanjutnya saya akan memberikan bagaimana cara implementasinya, so simak terus artiekel di blog ini 🙂