Pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Mengenal Lambda Function Pada Pemrograman Python, seperti yang kita ketahui bahwa Fungsi (function) merupakan sebuah kode program yang dapat kita gunakan secara berulang-ulang, dengan menggunakan function program yang kita gunakan menjadi lebih terstruktur karena dengan satu perintah blok kode kita dapat menggunakan secara berulang-ulang.

Berikut beberapa kelebihan jika kita menggunakan function di dalam pemrograman di antaranya yaitu :

  1. Jika kita membuat suatu program atau system yang maka program tersebut dapat di pisah-pisah menjadi program-program kecil melalui sebuah function
  2. Mudah dalam mencari kesalahan-kesalahan jika terjadi error pada baris program
  3. Untuk maintenance program dapat dilakukan pada modul tertentu tanpa mempengaruhui program yang lainya
  4. Jika kita menggunakan function program tersebut dapat kita gunakan kembali pada fungsi yang berbeda
  5. Dan kita juga dapat meminimalkan penulisan dengan perintah yang sama.

Nah pada python terdapat sebuah fungsi yang benama lambda function atau biasa dikenal dengan sebutan Anonymous Function yaitu merupakan sebuah fungsi yang tidak memiliki nama fungsi, yang harus kita ketahui yaitu bahwa lambda bukanlah sebuah perintah (statement) namun lambda tersebut merupakan sebuah ekpresi (expression) yang menjalankan sebuah perintah yang terdapat pada fungsi yang akan di pangil nantinya. Berikut struktur dari lambda function seperti dibawah ini :

oke teman-teman biar lebih paham tentang Lambda Function Pada Pemrograman Python kita akan membuat sebuah contoh sederhana seperti dibawah ini :

Oke teman-teman itulah pembahasan kita tentang Mengenal Lambda Function Pada Pemrograman Python.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.