Pada tutorial kali ini saya akan membahas lagi tentang MYSQL yaitu Mengenal Lebih dalam Apa Itu Primary Key Pada table, artikel ini di tujukan untuk bagi yang belum tahu apa itu primary key dan bagi yang sudah tahu semoga bisa jadi pengingat ya hehe.

Primary key adalah kolom atau kumpulan kolom yang secara unik mengidentifikasi setiap baris dalam tabel. Anda harus mengikuti aturan di bawah saat menentukan primary key untuk tabel :

1. Primary key harus berisi nilai unik. Jika kunci utama terdiri dari beberapa kolom, kombinasi nilai pada kolom ini harus unik.
2. Kolom primary key tidak boleh berisi nilai NULL. Ini berarti bahwa Anda harus mendeklarasikan kolom primary key dengan atribut NOT NULL. Jika tidak, MySQL akan memaksa kolom primary key sebagai NOT NULL secara implisit.
3. Sebuah tabel hanya memiliki satu primary key

Karena MySQL bekerja lebih cepat jika dengan bilangan bulat, tipe data kolom primary key harus berupa integer misalnya INT, BIGINT. Anda dapat memilih tipe integer yang lebih kecil: TINYINT, SMALLINT, dll. Namun, Anda harus memastikan bahwa kisaran nilai Dari tipe integer untuk primary key cukup untuk menyimpan semua kemungkinan baris yang mungkin dimiliki oleh tabel. Kolom primer key sering memiliki atribut AUTO_INCREMENT yang menghasilkan urutan unik untuk kunci secara otomatis. Kunci utama baris berikutnya lebih besar dari yang sebelumnya. MySQL membuat indeks bernama PRIMARY dengan tipe PRIMER untuk primary key dalam sebuah tabel.

MySQL memungkinkan Anda untuk membuat primary key ketika Anda membuat tabel menggunakan pernyataan CREATE TABLE. Untuk membuat batasan PRIMARY KEY untuk tabel, Anda menentukan PRIMARY KEY dalam definisi kolom primary key.

Contohnya seperti ini :

Baiklah itu saja untuk artiekel tentang Mengenal Lebih dalam Apa Itu Primary Key Pada table, sekian untuk kali ini sampai bertemu pada artikel selanjutnya.