Hallo sobat program, bertemu kembali dengan saya Rizal dan masih diwebsite dumetschool. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips dan tutorial tentang Mengenal Lebih Dalam Key dan Value dalam Array PHP.

Sebenarnya pada dasarnya didalam sebuah Array mempunyai pasangan key dan value baik untuk associative maupun indexed array. Dan key ini sangat penting digunakan untuk memanggil nilai (value) dari array.

Key pasti selalu ada di sebelah kiri dan value pasti disebelah kanan, contoh sederhana nya teman-teman bisa melihat seperti dibawah ini :

Mengenal Lebih Dalam Key dan Value dalam Array PHP.

Pada contoh diatas sebuah array di tampung kedalam variable buah dan yang sebagai key adalah ‘A’,’B’,’C’ sedangkan yang menjadi sebuah value adalah “Jeruk”,”Mangga”,”Apel” dan ini merupakan key-value untuk array associative. Untuk hasil dari kode diatas jika dijalankan akan menjadi seperti pada gambar dibawah ini :

Mengenal Lebih Dalam Key dan Value dalam Array PHP-Mengenal Lebih Dalam Key dan Value dalam Array PHP

Lalu bagaimana contoh key-value dalam bentuk array indexed ? teman-teman coba ketik kode PHP nya seperti pada contoh dibawah ini :

Mengenal Lebih Dalam Key dan Value dalam Array PHP.

Pada script diatas saya buat variable buah untuk menampung nilai array, dan pada script diatas saya tidak menentukan key nya karena secara default yang tidak menggunakan key akan dijadikan array indexed. Dari hasil diatas jika dijalankan maka hasilnya akan menjadi seperti pada gambar dibawah ini :

Mengenal Lebih Dalam Key dan Value dalam Array PHP

Jadi seperti itulah contoh untuk indexed array key-value. cukup mudah dipahami ya teman-teman.

Oke kalau begitu saya rasa cukup sampai disini pembahasan kita tentang Mengenal Lebih Dalam Key dan Value dalam Array PHP. semoga dapat bermanfaat dan sampai bertemu dipembahasan selanjutnya.

Terimakasih