SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language, sebuah perintah khusus yang berfungsi untuk mengakses data kedalam database, sql juga sering disebut dengan istilah query, atau bahasa untuk menjalankan sebuah perintah ke database, nah pada tutorial kali ini kita akan Mengenal Lebih Dalam Tentang Perintah Sql atau Query Language, pada sql terdapat terdapat tiga jenis perintah yaitu DDL, DML, dan DCL.

Yang pertama yang akan kita bahas terlebih dahulu yaitu DDL (Data Definition Language) berfungsi untuk membuat, merubah dan menghapus data dari database, berikut merupakan perintah yang terdapat pada DDL (Data Definition Language)

  1. Create / Membuat
  • Create database berfungsi untuk membuat database baru
  • Create function berfungsi untuk membuat sebuah fungsi yang terdapat pada database
  • Create table merupakan sebuah perintah yang digunakan untuk membuat teble baru pada database
  1. Alter / Merubah
  • Alter table yaitu merupakan sebuah perintah yang digunakan untuk merubah struktur dari sebuah table yang terdapat pada database.
  1. Drop / Menghapus
  • Drop Database yaitu sebuah perintah yang digunakan untuk menghapus database
  • Drop Table yaitu sebuah perintah yang digunakan untuk menghapus sebuah table yang terdapat pada database.

Selanjutnya yang kedua yaitu DML (Data Manipulation Language), yaitu sebuah perintah query yang berfungsi untuk memanipulasi sebuah data yang terdapat pada database seperti menambah data, merubah data, dan menghapus data. Berikut merupakan sebuah perintah yang bisa kita gunakan pada DML yaitu :

  1. Insert, yaitu berfungsi untuk menambah sebuah data atau record yang terdapat pada database
  2. Delete, yaitu berfungsi untuk menghapus data yang terdapat pada database
  3. Update, yaitu perfungsi untuk merubah atau menganti sebuah data yang terdapat pada database
  4. Select, yaitu sebuah perintah yang digunakan untuk menampilkan sebuah data pada database

Berikutnya yang ketiga yaitu DCL (Data Control Language), yaitu sebuah perintah yang digunakan untuk mengatur hak akses atau priviledges yang termasuk kedalam DCL ada dua diantaranya Grant dan Revoke

  1. Grant merupakan sebuah perintah yang digunakan untuk memberikan hak akses kepada user, dan hak akses tersebut bisa berupa CRUD yang berhubungan dengan sistem database.
  2. Revoke merupakan sebuah perintah yang digunakan untuk mencabut hak akses yang telah diberikan oleh user

oke teman-teman sekian dulu tutorial saya kali ini tentang Mengenal Lebih Dalam Tentang Perintah Sql atau Query Language

Semoga Bermanfaat.

Terimakasih