Hallo sahabat Dumenity berjumpa lagi dalam tutorial kursuswebprogramming, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Mengenal Libraries pada Codeigniter. Bagian penting dari kerangka CodeIgniter adalah Library-nya. Ini menyediakan seperangkat Library  yang secara tidak langsung meningkatkan kecepatan pengembangan aplikasi. Library sistem terletak pada sistem / Library. Yang perlu kita lakukan hanyalah memuat Library yang ingin kita gunakan. Library dapat dimuat seperti contoh di bawah ini :

Dimana nama kelas adalah nama Library yang ingin kita load. Jika kita ingin memuat beberapa Library, maka kita bisa melewatkan sebuah array sebagai argumen ke fungsi library () seperti yang  di bawah ini :

Kelas library terletak di sistem / library. Setiap kelas memiliki berbagai fungsi untuk mempermudah pekerjaan yang sedang berkembang.

Membuat library

CodeIgniter memiliki kumpulan library, yang dapat teman – teman temukan di folder sistem / library tapi CodeIgniter tidak hanya terbatas pada library sistem, teman – teman juga bisa membuat library Anda sendiri, yang dapat disimpan di folder aplikasi / library. Anda bisa membuat perpustakaan dengan tiga cara:

  • Buat library baru
  • Extend  native library
  • Ganti native library
  1. Buat library Baru

Ketika kita membuat library baru harus diingat, hal-hal berikut :

  • Nama file harus dimulai dengan huruf kapital mis. Mylibrary.php
  • Nama kelas harus dimulai dengan huruf kapital mis. kelas Mylibrary
  • Nama kelas dan nama file harus sesuai.

Mylibrary.php

library di atas dapat dimuat dengan hanya menjalankan baris berikut di controller Teman – teman.

mylibrary adalah nama library Teman – teman dan Anda bisa menuliskannya dalam huruf kecil dan huruf besar. Gunakan nama library tanpa ekstensi “.php”. Setelah memuatkan library, Anda juga bisa memanggil fungsi kelas itu seperti  di bawah ini.

2. Extend  native library

Terkadang, Anda mungkin perlu menambahkan fungsionalitas Anda sendiri ke library yang disediakan oleh CodeIgniter. CodeIgniter menyediakan fasilitas dimana Anda dapat memperpanjang library asli dan menambahkan fungsi Anda sendiri. Untuk mencapai hal ini, Anda harus memperluas kelas kelas library asli. Misalnya jika ingin memperpanjang library Email maka bisa dilakukan seperti gambar di bawah ini –

 

Di sini, dalam contoh di atas, kelas MY_Email memperluas kelas email library asli CI_Email. library ini bisa dimuat dengan cara standar pemuatan library email. Simpan kode diatas di file My_Email.php

3. Ganti native library

Dalam beberapa situasi, Anda tidak ingin menggunakan library asli seperti cara kerjanya dan ingin menggantinya dengan cara Anda sendiri. Hal ini bisa dilakukan dengan mengganti library asli. Untuk mencapai hal ini, Anda hanya perlu memberi nama kelas yang sama seperti namanya di library asli. Misalnya, jika ingin mengganti kelas Email, maka gunakan kode seperti gambar di bawah ini. Simpan nama file Anda dengan Email.php dan berikan nama kelas ke CI_Email.

Email.php

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Mengenal Libraries pada Codeigniter semoga bermanfaat bagi teman – teman semua.