PHP menyediakan beberapa fungsi atau method khusus yang berkaitan dengan Object Oriented Programing.  Method – method tersebut dikenal dengan istilah magic method. Ciri – ciri utama magic method adalah diawali dengan tanda double underscore ( __ ). walaupun ada cukup banyak magic method, tetapi faktanya method – method tersebut umumnya jarang digunakan. Satu magic method yang paling berguna dan sering digunakan adalah method __construct().

Method ini juga dikenal dengan nama constructor. Method construct() akan otomatis dijalankan ketika proses instansiasi object dilakukan. sehingga __construct () biasanya digunakan untuk mensetting nilai awal property ketika  proses pembentukan object sedang berlangsung.  Selain itu, __ construct biasanya juga dipakai untuk melakukan dependency injection, yaitu suatu teknik memasukan object ke dalam object lainnya .

Misalnya ketika object A membutuhkan object B untuk melakukan tugasnya. Kita akan membahas tentang ini di bagian berikutnya.  Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan sebuah contohnya, silalahkan buat file dengan nama_bebas.php.

Untuk memahami __construct() lakukan latiah berikut:

Penjelasan script di atas:

  • 7 – 10 method __construct(), yang dipakai untuk mensetting nilai awal property $merk. Jadi nanti kita tidak perlu lagi melakukannya secara manual ketika object selesai dibentuk. proses pemberian nilai property $merk dilakukan ketika proses pembentukan object mobil{} sedang berlangsung.
  • baris 18 , ketika pembentukan object, kita memberikan argument / parameter pada object yang akan kita buat, dalam hal ini adalah merk mobil.
  • baris 19 ,  baris terkahir mencetak merk mobil dengan memanggil method getmerk().

Untuk lebih jelasnya silahkan jalankan sendiri contoh latihan di atas, semoga bermanfaat.