Binary log in mysql adalah salah satu fitur yang sangat berguna. Pada dasarnya binary log berisi semua query sql yang mengubah database. Misalnya insert, update, delete data dan alter and drop table. Dalam posting saya Mysql Binary Log Tutorial saya akan menjelaskan tentang konfigurasi log biner, penggunaannya dan semua pengaturan atribut log biner mysql seperti lokasi, format, kadaluarsa log dll.

Apa itu Mysql Binary Log:

Mysql binary log adalah jenis log khusus yang berisi informasi tentang perubahan database Anda bersamaan dengan saat perubahan sedang dilakukan. Log biner mungkin berisi waktu eksekusi kueri. Tidak pernah log select statement atau pernyataan apapun yang tidak membuat perubahan database apapun. Log biner dihasilkan dalam beberapa format hex sistem. Anda bisa mengolah log biner menggunakan mysql utility mysqlbinlog. Menggunakan binlog Anda dapat mengkonversi log biner seperti file sql. Komunitas Mysql menamai log ini sebagai log biner karena menghasilkan file bilangan individual yang berisi acara (atau hal-hal yang membuat perubahan pada db).

Binary Logging dapat dikonfigurasi untuk dua alasan di MySQL
  • Jika Anda ingin membuat cadangan incremental database Anda. Anda dapat membaca artikel saya tentang Incremental Backup Mysql untuk liputan lengkap tentang incremental backup.
  • Jika Anda ingin setup replikasi atau database master slave. Master mengirim event di log biner pada master server dan slave membaca log dengan menghubungkan ke master.
Cara Setup atau Enable Binary Logging MySQL

Mengkonfigurasi atau mengatur atau mengaktifkan log biner sangat mudah.Untuk mengaktifkan log biner Anda dapat memulai server MySQL Anda dengan -log-bin [= base_name]. Nama dasar adalah bidang opsional. Jika Anda tidak akan memberikan nama dasar itu akan membuat file biner dengan nama dasar define-nya sendiri. Jika Anda menjalankan MySQL Anda di XAMPP atau Anda menjalankan Mysql yang telah dikompilasi sebelumnya, Anda dapat mengkonfigurasi atau mengaktifkan logging biner dengan menambahkan beberapa baris di my.ini. Dalam kasus saya, saya telah mengkonfigurasi di mysql server XAMPP saya. Berikut adalah langkah untuk mengkonfigurasi log biner di server MySQL XAMPP.

  • Buka lokasi direktori instalasi XAMPP dan buka mysql / bin / my.ini. Dalam kasus saya ada di direktori C: \ xampp \ mysql \ bin.
  • Tambahkan log-bin = “[path binlog] Anda / awalan” di bagian [mysqld]. Dalam kasus saya, saya telah menciptakannya di log-bin = “C: / xampp / mysql / data / binlog / bin-log”. Dalam kasus saya log biner dihasilkan di lokasi folder C: / xampp / mysql / data / binlog. Nama File adalah awalan dengan bin-log. Misalnya bin-log.000001.Following adalah file my.ini saya.

# The following options will be passed to all MySQL clients
[client]
# password = your_password
port = 3306
socket = "C:/xampp/mysql/mysql.sock"
# Here follows entries for some specific programs
# The MySQL server
[mysqld]
port= 3306
socket= "C:/xampp/mysql/mysql.sock"
basedir="C:/xampp/mysql"
tmpdir="C:/xampp/tmp"
datadir="C:/xampp/mysql/data"
skip-locking
key_buffer = 16M
max_allowed_packet = 1M
table_cache = 64
sort_buffer_size = 512K
net_buffer_length = 8K
read_buffer_size = 256K
read_rnd_buffer_size = 512K
myisam_sort_buffer_size = 8M
log_error="mysql_error.log"
log-bin="C:/xampp/mysql/data/binlog/bin-log"
# Don't listen on a TCP/IP port at all. This can be a security enhancement,
# if all processes that need to connect to mysqld run on the same host.
# All interaction with mysqld must be made via Unix sockets or named pipes.
# Note that using this option without enabling named pipes on Windows
# (via the "enable-named-pipe" option) will render mysqld useless!
#
# commented in by lampp security
#skip-networking
skip-federated

  • Restart server MySQL Anda dan masuk ke lokasi folder bin log Anda.
  • Jika Anda dapat melihat 2 file yang dihasilkan setelah memasang log biner maka logging biner Anda telah diaktifkan dan dikonfigurasi. Jika tidak maka Anda perlu memecahkan masalah karena alasannya.
Metode di atas tidak hanya eksklusif untuk pengaturan atau mengaktifkan log biner di server XAMPP tetapi juga Anda dapat mengatur log biner menggunakan metode di atas pada distribusi pra-kompilasi atau jika Anda ingin men-setup bin log menggunakan file my.ini Anda. Hal yang perlu Anda ketahui adalah lokasi file my.ini atau file my.cnf dan Anda hanya perlu menambahkan satu baris log-bin = “[path binlog] / awalan Anda” untuk mengatur log biner. Ini akan bekerja untuk distribusi Linux dan Windows.

Setelah Anda melakukan langkah di atas maka Anda telah melewati langkah pertama saja. Karena dengan metode di atas Anda menyiapkan atau mengaktifkan logging biner dari keseluruhan server database Anda. Ada banyak pilihan yang tersedia dalam logging biner. Misalnya rotasi log biner Anda, menambahkan dan menghapus database, kadaluarsa log biner. Saya akan menjelaskan semua hal ini di bagian selanjutnya dari tutorial ini.