PHP menyediakan beberapa fungsi waktu tanggal untuk melakukan operasi yang diperlukan dengan data sementara. Sekarang, kita akan melihat tentang fungsi timestamp PHP. Dalam PHP mencakup beberapa fungsi untuk bekerja dengan timestamp. Dalam artikel ini, kita akan belajar tentang bagaimana daftar fungsi terkait timestamp berikut diperoleh dengan menggunakan fungsi waktu tanggal PHP.

Getting Current Timestamp in PHP

Kita bisa mendapatkan nilai timestamp saat ini dalam tiga cara yang mungkin dengan bantuan fungsi core PHP yang dijelaskan di sini.

time()

Ini adalah fungsi PHP yang sederhana dan banyak digunakan untuk mendapatkan nilai timestamp saat ini. Tidak memerlukan argumen untuk dikirim untuk mengembalikan timestamp UNIX yang dihasilkan yang diharapkan. Penggunaan fungsi sederhana ini ditunjukkan dalam contoh program PHP di bawah ini.

strtotime()

Fungsi ini terutama digunakan untuk mendapatkan nilai timestamp dari string yang diberikan yang mewakili nilai tanggal. PHP menyediakan daftar string yang didukung untuk diteruskan sebagai argumen fungsi ini untuk menunjukkan nilai tanggal. Misalnya, “Selasa minggu lalu”, “+1 minggu”, “21 November 2008”, dll.

sama halnya, untuk mendapatkan nilai timestamp saat ini, kita perlu memberikan string sebagai “now” yang mewakili nilai tanggal dan waktu saat ini. Jadi, kodenya adalah sebagai berikut.

Saat menjalankan strtotime () dengan mengirimkan data string yang tidak benar yang tidak didukung oleh PHP, fungsi ini akan mengembalikan false.

mktime()

Fungsi ini juga digunakan untuk mendapatkan timestamp UNIX tetapi memerlukan set parameter yang menunjukkan komponen tanggal, seperti jam, menit, detik, bulan, hari, tahun, dalam urutan yang sama yang ditentukan di sini. Dan juga memiliki bendera opsional yang mewakili kondisi penghematan waktu siang hari.

Dan untuk mendapatkan, timestamp saat ini, kita harus menggunakan fungsi PHP date () dalam fungsi ini, dengan parameter yang sesuai untuk mendapatkan jam saat ini, menit, dalam urutan yang diperlukan. Sebagai contoh,

microtime()

Semua fungsi timestamp PHP di atas hanya akan mengembalikan nilai stempel waktu 10 digit. Tetapi, saat menjalankan fungsi microtime (), ia akan mengembalikan jumlah detik yang berlalu sejak, UNIX Epoch, dan juga, jumlah mikrodetik yang berlalu sejak nilai detik dikembalikan oleh fungsi ini.

microtime () sama dengan fungsi time (), yang tidak memerlukan parameter apa pun, tetapi, ada parameter opsional $ get_as_float. Parameter ini akan menerima nilai boolean untuk itu. Jika itu BENAR, maka microtime () akan mengembalikan nilai float yang mewakili stempel waktu yang akurat, jika tidak, akan mengembalikan string yang diformat “detik mikrodetik”. Dan kodenya adalah,

date()

PHP mendukung beberapa karakter format tanggal yang menunjukkan komponen dari nilai tanggal. Jadi, kita dapat menggunakan daftar karakter pemformatan tanggal ini untuk mendapatkan komponen tanggal atau memformat tanggal jika diperlukan, menggunakan data temporal yang diberikan.

Dari daftar string tersebut, U menunjukkan nilai timestamp UNIX. Jadi, untuk fungsi date (), kita harus menetapkan U sebagai argumen untuk mendapatkan nilai timestamp saat ini. Sebagai contoh,

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Mengenal PHP Timestamp sebagai Format Waktu, semoga bermanfaat.