Pada tutorial kali ini saya akan membahas tentang materi database yaitu Mengenal Tenatang Relasi Pada Table Database, tutorial ini sangat cocok bagi anda yang baru saja belajar tentang pemprograman dan database.

Relasi pada table adalh suatu cara untuk melakukan hubungan antar table pada database, berfungsi untuk mengatur mengatur operasi suatu database. Hubungan yang dapat dibentuk dapat mencakup 3 macam hubungan, yaitu :

  1. ONE TO ONE
  2. ONE TO MANY
  3. MANY TO MANY

Baik saya akan jelaskan masing-masing dari ketiga jenis relasi di atas:

ONE TO ONE
Pada relasi ini bermakna bahwa Setiap baris data pada tabel pertama dihubungkan hanya ke satu baris data pada tabel ke dua”. Contohnya : relasi antara tabel mahasiswa dan tabel orang tua. Satu baris mahasiswa hanya berhubungan dengan satu baris orang tua begitu juga sebaliknya

ONE TO MANY

Setiap baris data dari tabel pertama dapat dihubungkan ke satu baris atau lebih data pada tabel ke dua, kalau di contohkan misal kita memiliki dua table PEMBELIAN dan BARANG,  secara umum table barang dan pembelian dapat memiliki relasi atau hubungan ONE TO MANY karena biasanya satu transaksi pada table pembelian bisa memiliki banya barang pada table barang. PAHAM ? 🙂

The last thing , is ONE TO MANY
Satu baris atau lebih data pada tabel pertama bisa dihubugkan ke satu atau lebih baris data pada tabel ke dua, jadi artinya adalah table pertama bisa memiliki nilai banya dari table ke dua begitu juga sebaliknya, misal kita memiliki dua table SISWA dan PELAJARAN.
JIka kedua table tersebut memiliki relasi many to many yang mana artinya Satu murid dapat memiliki banyak pelajaran dan satu pelajaran bisa di miliki oleh banyak murid juga.

BAiklah itu saja untuk artikel kali ini yaitu Mengenal Tenatang Relasi Pada Table Database , semoga bisa menambah wawasan kalian.