Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang Mengenal Tipe data Juggling dan Tipe Data Casting. Tipe Data Juggling pada PHP merupakan sifat dari variable PHP yang secara otomatis mengubah tipe data pada sebuah variable tergantung dari operator yang digunakan pada saat memasukan isi dari suatu variable, dan tipe juggling juga merupakan sebuah proses untuk menentukan jenis tipe data yang cocok dengan operasi saat itu dan PHP akan mengkonversikan secara langsung. PHP akan mencoba menebak dan mengubah tipe data tersebut agar disesuaikan dengan proses yang dijalankan.

Untuk contoh tipe data Juggling silahkan teman-teman perhatikan script yang terdapat dibawah ini :

Pada script yang terdapat diatas, dapat kita definisikan bahwa variable $a merupakan sebagai integer (angka) dan sedangkan variable $b yaitu sebagai string. Sedangkan proses penambahan atau penjumlahan diatas seharusnya membutuhkan dua inputan yang berupa angka, namun pada proses diatas jika kita jalankan maka akan menghasilkan sebuah nilai yaitu 25, nah proses perubahan tipe data dari proses diatas itulah yang di maksud dengan istilah tipe data juggling karena sifat dari variable PHP yang secara otomatis mengubah tipe data pada sebuah variable tergantung dari operator yang digunakan pada saat memasukan isi dari suatu variable.

sedangkan Tipe Data Casting merupakan sebuah proses perubahan sebuah tipe data secara manual dengan menggunakan sebuah perintah atau instruksi yang terdapat didalam kode program, dan tipe data casting dapat dirubah sesuai dengan keinginan kita, perintah-perintah tipe data casting yaitu seperti dibawah ini :

  1. (int), (integer) – merubah tipe data menjadi integer
  2. (bool), (bolean) – mengubah tipe data menjadi bolean
  3. (float), (double), (real) – merubah tipe data menjadi float/real
  4. (string) – merubah data menjadi string
  5. (array) – merubah data menjadi array
  6. (object) – merubah data menjadi object

Dan untuk merubah tipe data casting yaitu dengan cara membuat  nama tipe data tujuannya dan di dalam tanda kurung sebelum variable yang akan di ubah strukturnya yaitu : echo(integer) nama variable yang akan di ubah ;

Nah biar teman-teman lebih paham lagi tentang tipe data casting kita akan membuat contoh scriptnya seperti dibawah ini:

Pada script echo(integer) $b; diatas akan meng-casting atau merubah tipe data yang ada pada variable $b menjadi integer jadi semua data yang terdapat pada $b akan di rubah menjadi integer. Begitu juga dengan bolean dan float yang terdapat pada script diatas.

Nah oke teman-teman itulah pembahasan kita tentang Mengenal Tipe data Juggling dan Tipe Data Casting.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.