Dengan diperkenalkannya Laravel 5 dan adopsi PHPDotenv, environment vaiabel di Laravel telah menjadi lebih mudah digunakan daripada sebelumnya. Dalam tutorial hari ini, saya akan memandu Anda tentang cara memulai menggunakan environment vaiabel dalam proyek Anda.

KENAPA ANDA HARUS MENGGUNAKAN ENVIRONMENT VARIBALES ?

environment vaiabel memungkinkan pengembang untuk mengekstrak kredensial sensitif dari kode sumber mereka dan menggunakan variabel konfigurasi yang berbeda berdasarkan lingkungan kerja mereka.
Maksudnya adalah jika kita menggunakan environment variable kita dapat memisahkan kardensial atau setingan yang bersifat sensitif yang tadinya terpisah-pisah dengan menggunakan environment variable dapat di satukan di satu buah file, misalnya setingan database dan koneksi.

Bagi kebanyakan pengembang, mesin lokal mereka memiliki kredensial basis data yang berbeda dari lingkungan production mereka. Sementara kredensial database yang berbeda adalah salah satu perbedaan paling umum antara production dan local environmnet ada sejumlah variabel konfigurasi lain yang mungkin juga berbeda.

COntoh dari file environment variables di laravel adalah file .env seperti contoh ini :

Bailklah itu saja yang dapat saya sampaikan, sampai bertemu pada artikel selanjutnya.