pada tutorial kali ini anda akan belajar bagaimana menghilangkan index.php dengan menggunakan htaccess pada codeigniter.

 

Hallo semuanya kembali lagi di artikel dumet school , unruk kai ini saya akan memberkan materi tetang framework codeigniter yaitu menghilangkan index.php dengan menggunakan htaccess pada codeigniter .

bagi yang menggunakan codeigniter pasti tahu pada saat kita menggunakanya pertama kali pada saat kita akses controller welcom maka kita harus mengaksesnya dengan URL sebagai berikut:

localhost/name_project/index.php/welcome 

jika kita ketikan url di atas maka akan tampilah halaman default bawaan codeigniter.

 

nah url seperti di atas walaupun bisa di akses tetapi terlihat sangat aneh dan mengganggu terutama bagian index.php nya.  Dan url tersbut juga TIDAK SEO FRIENDLY yang artinya tidak bagus untuk optimasi di halaman google seandainya website tersebut di upload.

 

lalu bagaimana cara menghilangkannya ? caranya kita harus membuat file yang berekstensi htaccess, dengan struktur folder sebagai berikut :

 

oke semisal saya mempunyai tampilan sebgai berikut :

pada url tersebut masih ada index.php , kita akan hilangkan dengan cara mengisi code berikut pada file .htaccess:

setelah di save , jangan lupa atur pada bagian RewriteBase sesuai nama folder project kalian .

 

dan jangan lupa pada bagian config.php :

ubah menjadi seperti ini :

lalu jalankan program anda dengan menghilangkan index.php pada url nya , seperti ini :

 

oke program akan tetap jalan walaupun tidak memakai index.php nya lagi ,  baiklah itu saja dari saya untuk menghilangkan index.php dengan menggunakan htaccess pada codeigniter . Sampai bertemu pada artikel selanjutnya .

 

Terimakasih.