Halo teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan metode pengiriman form menggunakan GET dan POST dalam PHP.

Salah satu pertimbangan dasar dalam membuat dan memproses form PHP adalah apakah form tersebut dikirim menggunakan method=get atau method=post.

Keunggulan dan Kelemahan Method Form “GET”

Kelemahan yang paling jelas jika kita memakai method=get adalah nilai dari form dapat dilihat langsung di dalam URL yang dikirimkan. Jika membuat form untuk data-data yang sensitif seperti password, maka form dengan method=get bukanlah pilihan yang tepat.

Form dengan method=get disarankan untuk form yang berfungsi menampilkan data, yaitu dimana hasil isian form hanya digunakan untuk menampilkan data, sesuai dengan arti kata get yang bisa berarti: ‘ambil’. Sehingga method=get sebaiknya digunakan untuk form yang ‘mengambil’ data dari database.

Salah satu penggunaan method=get yang umum digunakan adalah pada form pencarian. Dengan membuat hasil inputan form terlihat jelas dalam URL, pengunjung web bisa dengan mudah menebak ‘alur kerja’ dari situs kita. Bahkan bisa membuat aplikasi pencarian sendiri dengan memanfaatkan fasilitas ini.

Setelah domain www.kursuswebprogramming.com, selanjutnya ada karakter /?s=metode+php. Karakter ini adalah hasil format form dengan metode=get. Dan tanda ? menandakan awal nilai form, tanda + untuk menandakan spasi, dan tanda & untuk memisahkan objek form. Dengan memanfaatkan keterangan ini, kita bisa melakukan pencarian hanya melalui URL secara lansung, tanpa harus melalui form.

Sebagai contoh, jika teman-teman ingin mencari postingan dengan kata kunci ‘dumet school’, maka teman-teman bisa menggunakan link berikut:

http://www.kursuswebprogramming.com/?s=dumet+school

Untuk mengujinya, coba copypaste text tersebut ke address bar web browser, dan akan langsung menampilkan hasil pencarian dengan kata kunci ‘dumet school’. Hal ini membuat halaman web menjadi lebih fleksibel. Untuk pembahasan menggunakan method=get, akan dibahas dipostingan berikutnya. Semoga bermanfaat.